Kaltim

Berau dan Tanjung Selor Berselimut Asap

Delapan Penerbangan dari Balikpapan Dibatalkan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sejumlah penerbangan dari Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Kalimarau Berau, Jumat (13/9/2019) dibatalkan akibat kabut asap yang menyelimuti daerah tujuan.

“Jarak pandang di Berau berkurang sehingga tidak memungkinkan pesawat mendarat sehingga penerbangan,” kata District Manager Lion Air Group area Balikpapan Achmad Affandi kepada kotaku.co.id Jumat sore.

Disebutkan, ada empat penerbangan tujuan Berau dibatalkan. Masing-masing pukul 09.30 Wita dengan total yang akan berangkat sebanyak 43 penumpang. Kemudian penerbangan pukul 11.00 Wita dengan total 64 penumpang, penerbangan pukul 14.20 Wita yang rencananya membawa 39 penumpang dan penerbangan pukul 17.30 Wita yang akan membawa 62 penumpang.
Seluruh penerbangan tersebut dilayani Wings Air member of Lion Air Group.

Dia melanjutkan, dihari yang sama, penerbangan dengan tujuan Tanjung Selor juga bernasib serupa. Yakni dibatalkan. Penerbangan yang juga dilayani Wings Air sejatinya berangkat pukul 11.30 Wita dengan membawa 32 penumpang. Penyebabnya lagi-lagi kabut asap yang menyelimuti daerah tujuan.

Ihwal dibatalkannya penerbangan rute Balikpapan-Berau juga dibenarkan General Manager (GM) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk cabang Balikpapan Boydike Kussudiarso. “Ada dua penerbangan tujuan Berau yang dibatalkan,” jawabnya.

Akibat pembatalan tersebut, calon penumpang memutuskan menjadwalkan ulang keberangkatan dengan tujuan yang sama.

Berdasarkan data yang dihimpun dari PT Angkasa Pura Airport (Persero) I cabang Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, tercatat ada delapan penerbangan yang dibatalkan dampak kabut asap di Berau dan Tanjung Selor. Dengan rincian, tujuan Berau sebanyak tujuh penerbangan dan satu penerbangan tujuan Tanjung Selor. (run)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top