Peristiwa

Kabur ke Penajam, Pembobol Toko HP di Plaza Ramayana Diringkus

DIRINGKUS: Bobol toko HP di Plaza Ramayana, Edi Siswanto (31) akhirnya diringkus personel Polsek Balikpapan Utara. (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pembobolan toko HP yang terjadi di Plaza Ramayana tanggal 17 September 2019 yang lalu, akhirnya diungkap oleh personel Unit Reskrim Polsek Balikpapan Utara. Pelakunya adalah Edi Siswanto (31) Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Informasi yang dihimpun kotaku.co.id di kepolisian, pelaku merupakan securyti di plaza tersebut. Pelaku berhasil membobol toko dengan cara mencongkel pintu hingga menggarap 13 unit HP.

Usai membawa kabur puluhan HP itu, pelaku langsung menjualnya ke penadah dan kabur ke Penajam Paser Utara. Namun sial, meskipun sudah berusaha menghilangkan jejak, polisi tetap berhasil mengamankannya.

“Sudah kami amankan kemarin pelakunya dan penadahnya. Saat ini keduanya masih menjalani pemeriksaan di kantor,” ujar Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Utara Iptu Subari, Minggu (22/9/2019) sore.

Sementara menurut pengakuan pelaku kepada penyidik, dia nekat melakukan aksi yang tak patut ditiru itu, karena terlilit hutang. Karena mendesak untuk membayarkannya, pelaku pun nekat melakukan aksi pembobolan.

Selain mengamankan kedua pelaku, pihak kepolisian juga turut mengamankan barang bukti berupa 13 unit HP. Atas perbuatannya, pelaku pun bakal dijerat penyidik dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (gan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top