Ekbis

Sukses Terapkan Teknik Komplesi Sumur Tanpa Rig

Project Leader Riogless GP Miazzy I Maharanoe sedang mengawasi operasi Rigless GP (ist-kotaku.co.id)

KOTAKU, JAKARTA-PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) selaku operator di Wilayah Kerja Mahakam dengan dukungan SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Indonesia selaku induk perusahaan, berhasil mengembangkan penggunaan Hydraulic Workover Unit (HWU) sebagai alternatif pengganti rig untuk pemasangan teknologi komplesi (completion) sumur dengan filter kepasiran yaitu Multi Zone Single Trip – Gravel Pack (MZST–GP). Itu sejalan dengan upaya efisiensi biaya pengerjaan sumur produksi melalui peralihan pekerjaan dari semula menggunakan rig menjadi pekerjaan tanpa menggunakan rig (rigless).

General Manager John Anis, mengatakan inovasi yang dibuat para engineer PHM sangat membanggakan, karena operasi pemasangan sistem MZST-GP tanpa menggunakan rig baru kali pertama dilakukan PHM. “Kami sangat serius mengupayakan cost effectiveness dalam operasi kami melalui pengembangan berbagai inovasi, di samping terus berupaya melawan tren penurunan produksi secara alamiah di WK Mahakam. Dan yang paling utama, kami tidak boleh sedikit pun mengorbankan aspek keselamatan,” katanya dalam siaran pers yang diterima kotaku.co.id Selasa (24/9/2019).

Dia menjelaskan, saat uji coba di sumur produksi TN-AA371 yang berpotensi mengalami masalah kepasiran di Lapangan Tunu, PHM mampu menghemat biaya MZST–GP hingga 37 persen, atau setara dengan 340 ribu dolar Amerika Serikat (AS). Lebih murah dibandingkan dengan biaya penggunaan rig konvensional untuk operasi yang sama.

Sejauh ini lanjut dia menjelaskan, metode rigless masih terus dikembangkan dan diuji tim PHM, namun John Anis berharap bahwa, bersama-sama dengan berbagai inovasi lainnya, metode rigless bisa berkontribusi untuk tercapainya penurunan biaya sumur hingga 40 persen untuk area rawa-rawa (swamp) Delta Mahakam dan 50 persen untuk area lepas pantai (offshore) di tahun 2020.

Teknologi MZST-GP telah diaplikasikan di 170 sumur di Lapangan Tunu atau sekitar 10 persen dari jumlah sumur di lapangan gas yang berpotensi mengalami masalah kepasiran. Namun pemasangan MZST-GP selama ini masih menggunakan rig sehingga biaya komplesi relatif lebih mahal dibandingkan HWU.

Diskusi untuk menguji-coba metode pengerjaan sumur dengan HWU telah dimulai sejak November 2018, dilanjutkan dengan berbagai persiapan intensif awal 2019, dan kegiatan pengerjaan sumur dilaksanakan Juni 2019 lalu. “Keberhasilan ini merupakan sebuah tonggak sejarah, mengingat sistem MZST-GP ini tergolong teknologi komplesi yang sangat kompleks dan instalasinya melibatkan banyak pihak. Dan yang terpenting, kami menemukan metode untuk mengurangi pemakaian rig sehingga signifikan memangkas biaya sumur,” tambah John Anis.

Para mitra PHM yang terlibat dalam uji coba ini antara lain PT Pelayaran Roylea Marine Line sebagai pemilik barge Sea Haven, PT Elnusa Tbk sebagai pemilik anjungan HWU, PT Dowell Anadril Schlumberger sebagai pemilik barge Naga Biru yang mendukung kegiatan pemompaan dan lainnya. Seluruhnya terlibat dalam operasi simultan. Jam kerja yang dihabiskan mencapai 15.600 man hours, selama 20 hari kerja, dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 100 persen.

HWU dipilih sebagai alternatif pemasangan sistem MZST–GP tanpa menggunakan rig karena sebuah unit yang mandiri, portable, dan dapat dipasang pada sebagian besar kepala sumur. Beberapa perlengkapan yang selama ini ada di rig disesuaikan untuk dipasang di HWU agar mampu mentransmisikan semua beban dorong atau tarik melalui struktur yang ada di unit ke kepala sumur tanpa menggunakan sistem top drive yang biasa terdapat pada rig konvensional. Karena unit HWU ukurannya kecil (small footprint), maka cocok dioperasikan di lokasi yang sempit di area rawa-rawa.

Berkat keberhasilan uji coba ini, PHM meneruskan studi untuk memperluas variasi kegiatan operasi pengerjaan sumur tanpa rig (rigless). Di antaranya Rigless Workover yang sedang dilaksanakan di lapangan Tunu, Tambora dan Handil, maupun offshore dan Offline Well Sidetrack Preparation yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Rigless Completion, dan Rigless Drilling. (run)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top