Ekbis

Serba-Serbi Pengalihan Lalu Lintas Pagi Tadi

Suasana demo mahasiswa di gedung DPRD Kota Balikpapan.
(ccd-kotaku.id)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sejumlah kegiatan bisnis di kawasan Jalan Sudirman terkena imbas pengalihan lalu lintas menyusul adanya aksi demo di gedung DPRD Kota Balikpapan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Penyelamat Demokrasi (APD), Senin (30/9/2019).

Kawasan pertokoan Pantai Mas Permai misalnya yang berada di lokasi terkena pengalihan lalu lintas. Salah seorang pemilik toko di kawasan tersebut mengaku selama arus lalu lintas ditutup di kawasan tersebut, tingkat kunjungannya ikut redup. “Toko tetap buka tapi pengunjung sepi. Enggak ada satu pun pengendara yang melintas, semua dialihkan ke Prapatan,” ucapnya yang enggan identitasnya dipublikasikan.

Ya, aksi demo tadi pagi membuat kedua sisi jalan di depan gedung DPRD Kota Balikpapan ditutup pihak kepolisian. Pengendara dari Plaza Balikpapan maupun sebaliknya dari Pelabuhan Semayang, tidak bisa melintas. Untuk menghindari jalanan yang diblokade, pihak kepolisian pun melakukan rekayasa lalu lintas. Yakni mengalihkan para pengendara ke kawasan Prapatan yang berlokasi di belakang balaikota.

Pemilik toko perlengkapan mancing ini lanjut menerangkan, sejatinya saat hari kerja seperti sekarang volume pengunjung cenderung sepi. Lain halnya saat akhir pekan. Tingkat pengunjung melejit seiring tingginya antusias penggemar mancing menyalurkan hobi. “Tambah sepi dengan adanya pengalihan lalu lintas. Tapi enggak lama kok, tadi siang sudah normal lagi, beberapa kendaraan sudah lalu lalang,” tuturnya tenang.

Berbeda dengannya, Kepala PT Pos Indonesia (Persero) cabang Balikpapan Taufik Dara Marala justru mengaku pengalihan lalu lintas tadi pagi tidak mempengaruhi layanannya. Sekalipun lokasinya tidak jauh dari pusat kerumunan massa. “Berdasarkan laporan dari staf, layanan kami tetap normal, begitu juga dengan pengguna jasa yang berkunjung tetap ramai. Banyak akses bagi pengunjung untuk bisa ke kantor,” serunya.

Setali tiga uang, layanan PT Pegadaian (Persero) cabang Balikpapan Sudirman juga diklaim normal. Baik operasional kantor maupun nasabah yang hendak melakukan transaksi. “Aman. Meski pun tidak jauh dari pusat demo tapi lalu lintas di depan kantor cabang tidak terkena pengalihan,” lugas Kepala Cabang Verdi Azwar. (run)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top