Sport

Asa Piala Dunia U-20, Balikpapan Tawarkan Stadion Batakan

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi (kanan) menerima cendramata dari pelatih timnas sepakbola U-23 Indra Sjafri di ajang Coaching Clinic Sepakbola yang digelar Pegadaian Kanwil IV Balikpapan (foto:kotaku.co.id/run)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Didapuk mengisi Coaching Clinic, pelatih tim nasional sepakbola U-23 Indra Sjafri mendorong Balikpapan untuk ambil bagian dalam pelaksanaan Piala Dunia U-20 menyusul ditetapkannya Indonesia sebagai tuan rumah tahun 2021 mendatang. Terkait itu, Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi mengaku akan melakukan lobi ke tingkat pusat. “Kami akan tawarkan ke Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Red) pilihan bermain di Balikpapan. Masa’ tidak main di Ibu Kota Negara yang baru,” jelasnya usai membuka Coaching Clinic Semangat Emas dengan tema Mengenal Filosofi Kepelatihan Sepakbola bersama Indra Sjafrie yang digelar PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah IV Balikpapan di Hotel Blue Sky, Sabtu (26/10/2019).

Balikpapan pun cukup percaya diri karena memiliki stadion representative bertaraf internasional. Yakni Stadion Batakan. “Senin lusa kami akan ajukan suratnya,” sambungnya.

Namun ia tidak menampik, stadion tersebut memerlukan pembenahan sejumlah fasilitas. “Harusnya ada lapangan di luar (stadion) untuk latihan. Juga kelengkapan lainnya,” ulasnya kemudian.

Ihwal itu, akan segera dia penuhi. “Ya mudah-mudahan. Kalau ditetapkan sebagai salah satu tempat pertandingan biasanya juga akan disupport Kemenpora, lewat dana APBN,” jelasnya kemudian.

Apalagi waktunya memungkinkan untuk dikerjakan sebelum kelak difungsikan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-20. “Masih sempat,” celetuknya.

Ya, FIFA secara resmi mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Adapun Stadion Batakan merupakan stadion yang mengusung konsep megah mengadopsi markas club sepakbola Arsenal yakni Emirates Stadium di London, Inggris. Stadion yang menjadi kandang club sepak bola Persiba Balikpapan ini berkapasitas 42 ribu penonton dan didesain modern sebagai arena sepakbola dengan fasilitas pendukung di dalamnya. Antara lain ruang Press Conference standar FIFA. Stadion Batakan juga menjadi saksi laga persahabatan internasional yang mempertemukan para legenda Timnas Indonesia, legenda Arsenal dan legenda Liverpool tahun 2017 lalu. (run)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top