Peristiwa

Ditinggal Jualan ke Pasar, 8 Rumah Terbakar di Manggar

PEMADAMAN: Petugas BPBD Kota Balikpapan melakukan pemadaman terhadap kobaran si jago merah yang melalap pemukiman warga. (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kebakaran hebat terjadi di pemukiman warga di seputaran Jalan Mulawarman RT 39 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Selasa (29/10/2019). Akibatnya, delapan unit rumah ludes terbakar dan rata dengan tanah.

Informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat salah satu warga bernama Talasa pergi meninggalkan rumahnya ke Pasar Sepinggan untuk berjualan. Tidak berapa lama setelah ditinggal, rumah mereka mendadak terbakar sekira pukul 04.30 Wita. Warga yang melihat kejadian itu pun langsung berdatangan. Mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya, dan sebagian membantu warga yang rumahnya berdekatan dengan sumber api untuk mengamankan barang-barang berharga.

“Api berasal dari rumah Pak Talasa yang ditinggal pergi ke pasar. Kobaran api cepat membesar dan merembes ke rumah lainnya karena rumah kebanyakan terbuat dari kayu dan triplek,” ujar Bakim salah satu warga.

Tidak berapa lama setelah kejadian, petugas Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Daerah (BPBD) Kota Balikpapan yang mendapat informasi langsung meluncur ke lokasi. Setelah satu jam melakukan pemadaman, kobaran api pun berhasil dipadamkan. Namun sayang, karena api cepat merambat, delapan rumah milik warga bernama Akahir Ahmar (36), Hasan (49), Sakil (27), Talasa (48), Sapri (30), Abu (32), Darmanuddin (50), Hairudin (60) sudah sempat habis dan rata dengan tanah.

Sementara itu, Kapolsek Balikpapan Timur, Kompol FX Suhartanta ketika dikonfirmasi mengenai kejadian itu mengatakan saat ini pihak mereka masih melakukan penyelidikan. “Ada delapan rumah warga yang terbakar. Untuk korban jiwa nihil. Sementara untuk penyebab kebakaran dan jumlah kerugian yang dialami korban masih kami lakukan penyelidikan,” ujarnya. (CCD)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top