Peristiwa

Aksi Heroik Polda Kaltim Ungkap Peredaran 6 Kilogram Sabu

DIAMANKAN: Tersangka Ilham alias Ilo kurir 6 kilogram sabu saat diamankan di Ditreskoba Polda Kaltim. (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Direktorat Reserse Narkoba (Ditreskoba) Polda Kaltim kembali menggagalkan peredaran narkotika di wilayah hukumnya. Tak tanggung-tanggung, pengungkapan kali ini, petugas berhasil mengamankan seorang tersangka dan barang bukti berupa sabu seberat enam kilo.

Berdasarkan video yang diterima kotaku.co.id, saat penangkapan, petugas sempat meletuskan beberapa kali tembakan ke udara sebelum akhirnya berhasil menangkap Ilham alias Ilo (30) warga Desa Padang Lambe, Kabupaten Luwu, Sulsel.

Usai mengamankan tersangka dari dalam mobil yang dikendarainya, petugas pun mendapati barang bukti sabu dalam tas sebanyak enam bungkus yang keseluruhannya berjumlah enam kilo. Dan selanjutnya membawa tersangka dan barang bukti untuk di tindak lanjuti ke Mapolda Kaltim.

Direktur Ditreskoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury dalam pemaparannya, mengaku penangkapan dilakukan setelah pihak mereka mendapat informasi dari masyarakat yang menyatakan adanya peredaran sabu dari Tanjung Batu, Kabupaten Berau ke Kota Samarinda.

“Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya pelaku berhasil diamankan di Taman Samarendah di Jalan Bhayangkara, Kota Samarinda tanggal 2 November 2019 yang lalu,” ujar Akhmad kepada wartawan, Senin (4/11/2019) sore.

Ditambahkannya, dari pengakuan tersangka, barang haram tersebut dikendalikan oleh bandar berinisial H. Sementara tersangka hanyalah kurir yang disuruh H untuk mengambil sabu dengan mengendarai mobil rental.

Atas perbuatannya, pelaku pun bakal dijerat penyidik dengan Pasal 114 ayat 2 subs Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (CCD)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top