Kaltim

Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka SWK, Resmi Dibuka Kasdam VI/Mulawarman

RESMI DIBUKA: Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Richard Tampubolon membuka Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika di aula Mako Yonif Raider 600/Modang, Kamis (14/11/2019). (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Richard Tampubolon resmi membuka Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika yang terpusat di aula Mako Yonif Raider 600/Modang, Kamis (14/11/2019). Kegiatan tersebut diikuti 250 peserta dari berbagai satuan jajaran Kodam VI/Mlw.

Dalam sambutannya, Kasdam mengucapkan selamat datang kepada peserta Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka. Dan mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Kodam VI/Mlw dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia serta mengembangkan rasa persaudaraan dan persatuan di kalangan pembina, pamong dan instruktur.

“Adapun tujuan kegiatan ini untuk membina dan membentuk kader pembina Pramuka Saka Wira Kartika berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika dengan semangat bela negara,“ ujar Kasdam membacakan amanat Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto.

Kegiatan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika di aula Mako Yonif Raider 600/Modang. (kotaku.co.id/ist)

Ditambahkan Kasdam, para peserta yang berkumpul dalam kegiatan itu, ada dari berbagai macam usia dan profesi termasuk para pembina serta pelatih. Tapi yang terpenting adalah bagaimana karakter cinta tanah air kuat, karena diketahu Pancasila sebagai dasar negara, terbentuk melalui proses panjang yang disatukan oleh perbedaan sehingga menjadi dasar NKRI yang utuh, yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa.

Sementara itu, Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino yang juga hadir pada acara pembukaan kegiatan tersebut, berpesan kepada seluruh peserta untuk menggali seluruh materi yang diberikan oleh kwarnas dalam bentuk modul pelatihan kepramukaan selama penataran sebagai bekal membina nantinya.

Diketahui, kegiatan ini akan berlangsung selama enam hari sejak tanggal 14 sampai tanggal 19 September 2019 mendatang dengan mengusung tema “TNI AD Melalui Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Kader Pembina Pramuka Mahir Dasar Saka Wira Kartika Yang Handal dan Profesional”.

Dalam kegiatan ini, turut juga hadir Irdam VI/Mlw, Kapok Sahli dan para Staf Ahli. Kemudian para Asisten, Kabalak, Komandan Satuan, Ketua Kwartir Daerah Kaltim, Kepala Pusdilatda Kaltim, Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepanduan Disporapar Balikpapan, Ketua Kwartir Balikpapan serta undangan lainnya. (CCD)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top