Parlementaria

Pastikan Kawal Tuntas Usulan Warga dan Alokasikan Ambulance di Balbar

Reses Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qadri di Kelurahan Margasari

Reses Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qadri (pakai batik) di Kelurahan Margasari tadi malam (foto:kotaku.co.id/run)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Reses Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Alwi Al Qadri, masa persidangan III tahun 2019, digelar di Kelurahan Margasari, Senin (18/11/2019) tadi malam. Sekira ada 200 warga perwakilan lima RT menghadiri kegiatan dan langsung memanfaatkan momentum tersebut. Apalagi, dalam kesempatan tersebut turut hadir Kabid Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Rita, Camat Balikpapan Barat Muhammad Arif Fadillah, Lurah Margasari Ride dan Ketua Tim Pengelola Pemukiman Atas Air Margasari Arbain Side.

Saat berkesempatan menyampaikan aspirasi, Abdul Haris salah seorang warga yang hadir mengusulkan penambahan sekolah negeri jenjang menengah pertama dan jenjang menengah atas juga berbasis negeri. Kader Posyandu RT 32, juga memanfaatkan momentum tersebut guna menyampaikan tuntutan pembangunan posyandu. “Dari warga sehat hingga jatuh sakit dan sampai sehat lagi bangunan tidak kunjung dibangun. Tolong kami dibantu untuk segera direalisasikan,” lantangnya mendapat sorak warga lainnya yang hadir.

Silih berganti, warga mengusulkan berbagai kebutuhan yang bersifat mendesak demi mepentingan warga setempat. Seperti perbaikan jalan yang amblas, pengangkutan sampah yang diharapkan rutin. Pasalnya selama ini, tumpukan sampah dibiarkan hingga berhari-hari baru kemudian diangkut. Padahal volumenya tidak seperti pemukiman lainnya. Yakni cukup banyak berasal dari sampah para pedagang di Pasar Pandadari.

Di sisi lain, warga lainnya juga mengusulkan dibangunnya destinasi kuliner. Mengingat di kawasannya terdapat pusat jajanan yang kerap dipadati pengunjung. Tepatnya di halaman parkir Masjid Manuntung. Apalagi di wilayahnya juga terdapat pusat oleh-oleh yang cukup tersohor yakni Pasar Inpres Kebun Sayur.

Ketua LPM Kelurahan Margasari Usman Daming turut memberikan buah pikir. Ia mendesak tindak lanjut pengelolaan bongkar muat di Pasar Pandansari yang dianggap semrawut. Begitu juga dengan Pasar Inpres Kebun Sayur yang dipandang tidak elok untuk sebuah destinasi belanja oleh-oleh khas Kalimantan. “Tidak ada salahnya DPRD Kota dan Pemkot studi banding ke Pasar Segiri. Yang telah berhasil mengubah citranya yang juga dulunya semrawut menjadi lebih baik,” gebunya. Ia juga mengusulkan penambahan sekolah negeri yang berlokasi di atas air. Rumah bantuan nelayan yang dinilainya tidak berfungsi maksimal dapat dimanfaatkan untuk membangunan sarana pendidikan yang baru.

Warga lainnya menginginkan dibangunkan sarana olahraga. Seluruhnya berharap, hadirnya anggota DPRD Kota Balikpapan sekaligus Ketua Komisi III dalam kesempatan tersebut diharapkan dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Bantu perjuangkan kami pak sebagaimana kami dulu memperjuangkan suara kami untuk bapak,” imbuh Kader Posyandu RT 32.

Reses merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala. Menjadi kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin setiap masa reses. Tujuannya, menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen termasuk pengaduan masyarakat. Selain itu, juga bertujuan untuk memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan (Dapil) sebagai wujud perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

Menanggapi berbagai masukan yang disampaikan, Alwi mendorong pihak terkait memberikan pandangan. Lurah Margasari Ride pun menanggapi ihwal akses jalan di salah lingkungan tersebut yang jeblok. “Kami sudah berulang kali menyurat ke Dinas PU tapi memang belum ada tanggapan,” jawabnya. Sedangkan pusat kuliner, ia menilai diperlukan adanya peningkatan dan penataan yang lebih baik disertai dengan tim pengelola.

Sementara terkait pengangkutan sampah, Alwi menegaskan akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar melakukan penambahan unit.

Lebih dari itu ia menegaskan, akan mengawal seluruh aspirasi hingga terealisasi.Tak cuma itu, ia juga akan mengalokasikan ambulance untuk mengakomodir warga di Balikpapan Barat. (run)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top