Corak

Melihat dari Dekat Produksi Amplang dan Apam Bakar

Kunjungan Anak Didik TK Manuntung di Kelurahan Margasari

Anak didik TK Manuntung saat berkunjung ke perpustakaan di kantor Kelurahan Margasari (foto:kotaku.co.id/run)
Melihat dari dekat proses pembuatan apam bakar (foto:kotaku.co.id/run)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Guna mengenalkan cara mengolah makanan, anak didik TK Manuntung diajak mengunjungi sentra produksi Apam Bakar dan Amplang yang dikembangkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kelurahan Margasari, Rabu (20/11/2019).

Kegiatan pun diawali dengan mengunjungi perpustakaan yang tersedia di kawasan yang sama yakni kantor kelurahan. Bertujuan untuk meningkatkan minat baca. Kemudian dilanjutkan dengan menengok cara membuat penganan khas yakni amplang. Bersama para guru, anak didik juga mengikuti tahapan demi tahapan cara membuat apam bakar hingga proses penyajian dalam kemasan.

Lurah Margasari Ride yang berkesempatan menerima rombongan tamu cilik di sela kesibukannya mengatakan, seluruh sekolah di wilayah kerjanya diajak untuk mengunjungi perpustakaan. “Perpustakaan hadir bukan hanya tempat baca tapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena beberapa koleksi bukunya mengajarkan keterampilan. Salah satu contohnya belajar cara membuat olahan ikan bandeng,” serunya. Tak sekadar teori, pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan praktek.

Camilan sehat, anak didik TK Manuntung saat mengolah amplang (foto:kotaku.co.id/run)

Menambah khasanah pengetahuan, para pengunjung diajak melihat proses pembuatan produk kuliner Kelurahan Margasari yakni apam bakar dan amplang. Ada juga produk lain yakni Kopi 99. Termasuk anak didik TK Manuntung. “Kebetulan ketiga produk ini sudah merambah perhotelan salah satunya tersedia di Hotel Blue Sky,” gebunya kemudian.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah TK Manutung Hj Dahliana Usamah menjelaskan, kunjungan yang dilakukan anak didik sesuai tema kegiatan sekolah yakni kebutuhan dengan sub tema makanan. Sebagai oleh-oleh, anak didik pun memperoleh satu bungkus amplang untuk dibawa pulang. (run)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top