Ekbis

Kini, Bayar Pajak Kendaraan di Pegadaian

Pemimpin Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Edy Purwanto (dua, kiri) saat Soft launching layanan e-Samsat Pegadaian, Jumat (6/12/2019) (foto: kotaku.co.id/qis)

KOTAKU, BALIKPAPAN-PT Pegadaian (Persero) semakin agresif memberikan pelayanan terbaik kepada publik. Terbaru Pegadaian menghadirkan layanan e-Samsat Pegadaian yang dapat memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di seluruh outlet Pegadaian di wilayah Kalimantan Timur. Hasil kerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Timur, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Timur dan PT Jasa Raharja (Persero).

“Pegadaian dan Samsat berkolaborasi agar masyarakat semakin mudah dalam melakukan pembayaran pajak. Pegadaian memiliki banyak outlet yang tersedia di berbagai tempat di Kalimantan Timur sehingga masyarakat diharapkan semakin mudah menjangkaunya,” kata Pimpinan Wilayah Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Edy Purwanto usai soft launching layanan e-Samsat di Pegadaian kantor cabang Balikpapan Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan, Jumat (6/12/2019).

Pemimpin Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Edy Purwanto (kanan) saat berbincang dengan stakeholder di sela soft launching (foto:kotaku.co.id/qis)

e-Samsat Pegadaian merupakan wujud meningkatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak dalam memenuhi tuntutan pembayaran pajak. Sementara itu, bagi
Pegadaian program ini merupakan bentuk dari peran Pegadaian dalam memfasilitasi dan melayani nasabahnya untuk pembayaran pajak.

Adapun tata cara pembayaran, nasabah hanya cukup membawa dokumen data diri dan juga STNK, sehingga bisa melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan juga Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Pegadaian dan Samsat memastikan akan terus melakukan sosialisasi dari tingkat Provinsi hingga kabupaten atau kota.

Dalam soft launching, masing masing petinggi instansi terkait tampak hadir. Yakni Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur H Budi Hartono, Kasi STNK Ditlantas Polda Kaltim Creato Sonitehe Gulo, Kasubag Sumbangan Wajib dan Humas PT Jasa Raharja Kalimantan Timur Bobby Nelwan Siregar dan Kasubag Pelayanan PT Jasa Raharja Kalimantan Timur Crisno Bowo. (qis)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top