Parlementaria

Selami Perda Pajak dan Retribusi Daerah

DPRD HSU Sambangi DPRD Balikpapan

Wakil Ketua Komisi II Mieke Henny saat menyerahkan cendramata kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten HSU Nawardi usai menerima kunjungan kerja, Senin (16/12/2019) (foto:kotaku.co.id/qis)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan lagi-lagi menerima kunjungan kerja daerah. Kali ini rombongan besar terdiri 29 orang anggota DRPD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Amuntai, Kalimantan Selatan, Senin (16/12/2019).

Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak dan retribusi daerah menjadi agenda pembahasan kabupaten penghasil ternak itik Alabio ini. Ya, luas wilayah HSU sekitar 730 ribu meter persegi dan sebagian besarnya merupakan rawa, sehingga dijadikan sebagai area peternakan itik. Ada juga kerbau rawa dan terbaru rumah walet.

“Selain itu, kami juga ingin menggali informasi yang berkaitan dengan penyelenggara perpustakaan,” kata Wakil Ketua DPRD HSU Mawardi SH MM.

Terkait itu, Wakil Ketua Komisi II Mieke Henny yang turut berkesempatan menerima rombongan, menjelaskan arsip dan perpustakaan diatur dalam Perwali No 20 tahun 2017. “Nanti bisa dipelajari di situ semua lengkap tahapannya,” ujarnya.

Sementara untuk retribusi pajak, Mieke kembali menambahkan, di Balikpapan sudah menerapkan sistem online. Khususnya retribusi pajak rumah makan, parkir dan akan terus di sosialisasikan untuk menggunakan layanan non tunai guna mencegah penyimpangan dana.

Sedangkan untuk Perda tentang rumah walet, Balikpapan telah menonaktifkan peraturan tersebut karena berdampak negatif bagi warga sekitar lokasi sarang.

“Informasi yang kami dapat sangat lebih dari cukup,” imbuh Mawardi kemudian.

Selain Mieke Henny, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari dan anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan Parlindungan Sitohang berkesempatan hadir menerima rombongan. (qis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top