Peristiwa

Ditinggal ke Ladang, 1 Unit Rumah di Graha Indah Ludes Terbakar

LUDES: Diduga korslet, satu unit rumah milik warga ludes terbakar. (kotaku.co.id/ccd)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Warga yang berada di seputaran Jalan PDAM RT 37 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, mendadak geger, Selasa (17/12/2019) sore. Pasalnya, satu unit rumah bernomor 177 di lokasi mendadak terbakar.

Informasi yang dihimpun, rumah yang terbakar merupakan rumah milik La Hasani (56). Rumah mengalami kebakaran sekira pukul 17.30 Wita. Saat kejadian, rumah tengah kosong karena pemilik sedang berada di ladang mereka yang tidak jauh dari lokasi.

Sementara warga lain yang menyaksikan asap membumbung dari rumah sontak panik dan berteriak kebakaran. Dan tidak berapa lama, kepulan asap berubah menjadi kobaran api yang membesar. Karena rumah banyak berbahan kayu, kobaran si jago merah pun cepat membakar rumah hingga rata dengan tanah, tanpa ada barang-barang berharga yang dapat diselamatkan.

“Waktu kebakaran, posisinya kami berada di ladang semua. Rumah sedang kosong. Makanya kami tidak ada yang bisa menyelamatkan barang-barang,” ujar La Uma (39) yang merupakan menantu korban.

Tidak berapa lama setelah kejadian itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Daerah (BPBD) Kota Balikpapan yang mendapat informasi pun langsung datang ke lokasi guna melakukan pemadaman. Beruntung petugas cepat melakukan pendingan hingga rumah di sebelahnya tidak ikut terbakar. Kobaran si jago merah berhasil dipadamkan sekira pukul 19.00 Wita.

“Kalau awal api berasal dari kamar bagian tengah. Untuk dugaan penyebabnya lantaran hubungan arus pendek (korsleting). Soalnya saat kejadian rumah sedang kosong,” tambah La Uma.

Diketahui, dalam peristiwa kebakaran itu, tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Hanya saja korban diperkirakan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Sedangkan pihak kepolisian dari Polsek Balikpapan Utara sendiri, masih melakukan penyeledikan untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. “Sudah dilakukan cek TKP, saat masih dilakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran,” ujar Kanit Reskrim Polsekta Balikpapan Utara, Iptu Subari saat dikonfirmasi. (ccd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top