Corak

Pemberian Cincin Warnai Pergantian Pejabat di KSOP Balikpapan

Kepala KSOP Kelas I Semayang Capt Jhonny Runggu Silalahi saat memberi sambutan di ajang pisah sambut Kepala Bidang Keselamatan Berlayar dan Patroli KSOP Capt Alex Allokendek Jumat (3/1/2020) (foto: kotaku.co.id/run)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pergantian pejabat terjadi di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semayang Balikpapan. Adalah Kepala Bidang Keselamatan Berlayar dan Patroli yang sebelumnya dijabat Capt. Alex Allokendek kini digantikan Capt. M Hasan Basri MMar. Adapun Capt. Alex Allokendek melanjutkan karir sebagai Kepala Bidang Penjagaan, Patroli dan Penyidikan Kesyahbandaran Utama Makassar.

Pisah sambut digelar di KSOP, Jumat (3/1/2020) dipimpin Kepala KSOP Kelas I Semayang Balikpapan Capt. Jhonny Runggu Silalahi. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, General Manager (GM) PT Pelindo (Persero) IV cabang Balikpapan H Iwan Sjarifuddin.

Kepala KSOP Kelas I Semayang Balikpapan Capt. Jhonny Runggu Silalahi merangkul Capt. Alex Allokendek dengan hangat usai memberi cendramata (foto: kotaku.co.id/run)

“Kepada Capt. Hasan Basri kami ucapkan selamat datang. Diharapkan segera menyesuaikan,” ujar Capt. Jhonny Runggu Silalahi dijumpai di sela acara.

Bukan tanpa alasan mengingat Balikpapan semakin sarat tantangan. Di antaranya pembangunan infrastruktur pendukung Ibu Kota Negara (IKN) baru yang akan segera dimulai tahun ini. Bersamaan dengan itu proyek perluasan kilang minyak PT Pertamina (Persero) Refinery Unit V juga telah dimulai.

Selain itu, ia juga berharap, kegiatan pelatihan yang selama ini menjadi agenda rutin tetap terlaksana. Baik pelatihan skala bulanan maupun periode tiga bulanan. “Capt Hasan Basri sudah banyak pengalaman semoga bisa bekerja sama dengan baik,” imbuhnya.

Sementara kepada Capt. Alex Allokendek ia juga turut mengucapkan selamat bertugas. “Di sana kelas utama maka permasalahan juga berbeda. Di sana ada Makassar New Port di mana pelabuhan kontainer yang skalanya seperti Jakarta,” sambung Jhonny yang hobi Diving.

(ki-ka:) Capt. Hasan Basri, Capt. Jhonny Runggu Silalahi dan Capt. Alex Allokendek (foto: kotaku.co.id/run)

Dalam kesempatan yang sama, Capt. Hasan Basri berpendapat dengan kondisi Balikpapan yang didominasi muatan cair tentu memerlukan penanganan khusus. “Karena khusus maka perlu koordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam kegiatan kepelabuhanan,” ucapnya.

Pria yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Bidang KLK KSOP Kelas I Dumai, Riau juga menilai antara Dumai dan Balikapan memiliki kemiripan. “Di sana ada Pertamina RU II tapi muatan CPO. Apapun tantangan akan tetap berkoordinasi dengan instansi lain,” serunya.

Sebelum melanjutkan tugas ke Makassar Capt. Alex Allokendek tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak. “Semua bersahabat, seluruh stakeholder komunikatif,” tuturnya.

Ia berharap, hubungan baik yang selama ini sudah terbangun semakin terjalin erat. “Selalu kompak, bekerja profesional, semua program bisa dijalankan dan turut menyukseskan program yang digalakkan pemerintah,” pesannya.

Dalam pisah sambut, Capt. Alex dihadiahi sejumlah cendramata. Di antaranya cendramata berupa cincin yang diberikan secara simbolis oleh Capt. Jhonny Runggu Silalahi. Tidak. (run)

Biodata

Nama : Capt M Hasan Basri SH MMar
Kelahiran : Ujungpandang 21 Mei 1975
Istri : anggota Polri Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya
Anak:
– Siti Kirani
– Muhammad Salman
Karir:
– Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Dirjen Hubla
– Kasi Adpel Kelas I Banten
– Kepala Adpel Kelas IV Kota Baru, Kalsel
– Kepala KSOP Kelas IV Kota Baru
– Kasi Syahbandar Utama Tanjung Priok
– Kabid Gamat KSOP Kelas I Panjang, Lampung
– Kabid KLK KSOP Kelas I Dumai Riau

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top