Peristiwa

Dihantam Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Truk DLH

POHON TUMBANG: Petugas Disperkim melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang yang menimpa truk DLH di Jalan MT. Haryono, Balikpapan Utara. (kotaku.co.id/ccd)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Balikpapan, Minggu (5/1/2020) pagi, mengakibatkan satu batang pohon Trembesi yang tumbuh di pinggir Jalan MT Haryono, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara, mendadak tumbang dan menimpa truk milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan yang sedang melintas di lokasi.

Informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat hujan deras dan angin kencang melanda Balikpapan. Di waktu yang bersamaan, truk milik DLH dengan nomor polisi KT 8570 A yang dikendarai Rudi (29) warga Jalan Soekarno-Hatta Km 12 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, melintas di lokasi menuju Pasar Butun dari arah Balikpapan Baru.

Dan tiba-tiba pohon tumbang dan menghantam pagar di pinggir jalan. Menghantam kabel telkom dan truk yang sedang melintas. Ranting pohon juga turut menutupi seluruh jalan yang mengarah ke Pasar Butun jika datang dari arah RSKD Balikpapan.

Saat berada di dalam truk, Rudi selanjutnya memberitahu kepada temannya. Pengguna jalan lainnya yang terhalang pohon tumbang, juga langsung memberitahukannya kepada instansi terkait. Dan tidak berapa lama, petugas dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Balikpapan pun tiba di lokasi dan segera melakukan evakuasi.

Pihak kepolisian dari Sat Lantas Polresta Balikpapan juga tiba di tempat kejadian perkara. Lalu melakukan pengaturan lalu lintas karena masih terhalang pohon tumbang. Dan sekira pukul 10.00 Wita, ranting pohon pun berhasil dibersihkan, dan berlahan kemacetan mulai bisa diantisipasi.

“Tadi pohonnya memang sudah miring dan ketika tumbang masih nyangkut di kabel. Lalu tiba-tiba menghantam truk yang saya bawa. Saya tidak apa-apa karena hanya bagian dahan yang menubruk. Kondisi truk juga tidak parah dan hanya tergores di beberapa bagian saja,” ujar Rudi saat diwawancarai di lokasi.

Satu jam kemudian, setelah petugas berjibaku melakukan evakuasi terhadap pohon yang tumbang, lokasi akhirnya kembali bersih. Jalanan juga kembali kondusif dan tidak ada lagi kemacetan. Potongan kayu tampak dikumpulkan di pinggir jalan dan hendak dilakukan pengangkutan oleh pihak Disperkim sendiri. (ccd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top