Metro

Tingkatkan Keamanan, RT 43 Karang Joang Dirikan 3 Poskamling

KAMTIBMAS: Ketua RT 43 Kelurahan Karang Joang, Subroto bersama warganya bersantai di Poskamling yang mereka dirikan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas. (kotaku.co.id/ccd)


KOTAKU, BALIKPAPAN-Demi meningkatkan keamanan lingkungan, warga Jalan Soekarno-Hatta Km 10 RT 43 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, mendirikan tiga posko keamanan lingkungan (poskamling) di sepanjang jalan di lingkungan mereka.

Ketua RT 43 Kelurahan Karang Joang, Subroto saat ditemui, mengaku kalau tiga poskamling yang didirikan berada di sepanjang Jalan Wanayasa yang diperkirakan sepanjang 2 kilo meter. Dua poskamling berdiri di ujung kampung, sementara satunya lagi berdiri di tengah kampung.

“Aktifnya sejak September 2019. Ada tiga poskamling yang dirikan. Di pinggir kampung dua dan satunya di tengah. Setiap hari ada yang melakukan penjagaan khusunya pada malam hari,” ujarnya.

Penjagaan sendiri, ditambahkannya, dibagi tiga kelompok untuk tiap pos ronda. Pesertanya empat orang warga, yang memang sudah dijadwalkan. Tiap warga mendapat jadwal penjagaan selama 10 hari, hingga dilakukan pergantian oleh warga yang lain. Penjagaan dan patroli sendiri dimulai pukul 21.30 sampai 04.30 Wita. Petugas kemanan juga lengkap dibekali seragam dan alat seperti HT dan senter.

“Selain warga, menjaga kampung juga dibantu TNI dari Paldam, kemudian Bhabinkamtibmas dan FKPM Karang Joang. Bhabinkamtibmas tiga kali dalam seminggu ikut melakukan patroli,” tambah Subroto.

Ditambahkan ketua RT yang sudah menjabat selama 20 tahun ini, setelah diaktifkannya poskamling dan petugas selalu melakukan patroli, lingkungan mereka tidak pernah lagi ada gangguan kamtibmas seperti pencurian dan tindak kriminal lainnya.

“Alhamdulillah setelah poskamling aktif, tidak pernah ada lagi rumah yang mengalami kemalingan. Kalau dulu sempat ada rumah warga yang dimasuki maling dan mengambil HP. Tapi sekarang sudah aman dan terkendali,” pungkasnya. (ccd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top