Metro

Siring Longsor Timpa Drainase, Warga Gelar KBM untuk Antisipasi Banjir

KERJA BAKTI MASSAL: Ketua RT 52 Kelurahan Graha Indah, Katiman dan warganya menggelar KBM untuk memperbaiki parit tertutup akibat tertimbun siring longsor. (kotaku.co.id/ccd)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Warga RT 52 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, menggelar kerja bakti massal (KBM) di lingkungan mereka. Dalam KBM kali ini, warga fokus memperbaiki drainase atau parit yang berada di samping musholah di lingkungan seputaran kampung.

Ketua RT 52 Graha Indah, Katiman saat diwawancarai, mengatakan kalau KBM yang mereka lakukan bersifat dadakan. Pasalnya, beberapa hari yang lalu lingkungan mereka mengalami kebanjiran lantaran parit tersumbat dan meluap.

“Beberapa hari yang lalu siring dekat musholah longsor dan menimbun parit di pinggir jalan. Kemudian turun hujan hingga terjadi banjir. Karena kondisi itu, kami sepakat melakukan kerja bakti,” ujar Katiman, Senin (6/1/2020).

Pantauan di lokasi, timbunan tahan yang menutup parit tampak dikeruk oleh warga dengan peralatan seadanya seperti cangkul. Lalu memindahkan ke pinggir parit. Setelah berjibaku melakukan pengerukan, sekira pukul 10.00 Wita, parit akhirnya kembali normal.

“Alhamdulillah sudah rampung dilakukan pengerukan. Mudah-mudahan tidak banjir lagi karena saat ini memang musim penghujan. Parit bagian yang tidak tertimbun juga ikut kami bersihkan agar air yang mengalir nantinya tidak tersumbat,” tambahnya.

Parit di lokasi memang masih alami dan buatan warga. Belum pernah dilakukan semenisasi oleh pemerintah. Ketua RT sendiri mengaku sudah mengajukan rencana pengerjaanya, namun masih menunggu persetujuan pengerjaan dari instansi terkait.

“Kalau parit memang sudah kami ajukan, tinggal menunggu saja dan mudah-mudahan tahun ini diperbaiki. Tapi kalau semenisasi jalan, di RT kami sendiri sudah ada beberapa yang diperbaiki oleh pemerintah,” akhirnya. (ccd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top