Metro

Sat Polair Gandeng Warga, Jaga Kebersihan dan Keindahan Pantai

JAGA KEBERSIHAN: Kasat Polair Polresta Balikpapan, Iptu Alpon Pasaribu didampingi Lurah Prapatan Natalia Banjarnahor dan Babinsa serta warga melakukan pembersihan terhadap pantai. (kotaku.co.id/ccd)


KOTAKU, BALIKPAPAN-Personel Satpolair Polresta Balikpapan dan warga RT 09 Kelurahan Prapatan, secara bersama-sama melakukan pengumpulan sampah yang berserak di seputaran pantai yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota, Rabu (8/1/2020) pagi.

Kegiatan kerja bakti bersih-bersih itu langsung dipimpin oleh Kasat Polair Polresta Balikpapan, Iptu Alpon Pasaribu yang didampingi Lurah Prapatan, Natalia Banjarnahor dan Babinsa Kelurahan Prapatan serta warga RT 09 Prapatan.

“Kami mengajak seluruh warga pesisir untuk sama-sama melakukan pembersihan terhadap pesisir pantai. Kegiatan ini dilakukan demi terciptanya pantai yang bersih dan laut yang indah,” ujar Kasat Polair Iptu Alpon Pasaribu saat diwawancarai.

Atas digalakkannya kegiatan ini, Pasaribu juga menyampaikan kepada warga agar jangan membuang sampah sembarangan ke laut. Karena menurutnya, sejenis sampah apapun yang dibuang ke laut, muaranya pasti akan ke pantai.

“Sudah itu hukumnya. Kalau membuang sampai ke laut, pasti muaranya ke pantai. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada warga pesisir jangan membuang sampah ke laut karena ini untuk kepentingan bersama dan juga anak cucu kita nantinya,” tambahnya.

Lurah Prapatan, Natalia Banjarnahor saat diwawancari, mengaku sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh pihak Sat Polair Polresta Balikpapan dalam menjaga kebersihan pesisir pantai. Dan kegiatan ini juga turut dibantu oleh warganya.

“Pantai Balikpapan memang sering ditemukan sampah. Tapi kami tahu itu adalah kiriman. Oleh karena itu, kami juga selalu mengimbau kepada Ketua RT yang berada di pesisir agar tetap melakukan monitoring setra melakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah,” ujarnya

Begitu juga dengan Ketua RT 09 Prapatan, Eddy Rashid mengungkapkan selalu siap untuk membantu pihak kepolisian untuk membersihkan pantai bersama warganya. “Selain bersama pihak kepolisian, bersama warga juga kami melakukan pembersihan pantai setiap Sabtu dan Minggu, dan itu juga sudah menjadi arahan Bu lurah demi terciptanya pantai yang bersih,” pungkasnya. (ccd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top