Ekbis

Laporkan! Pangkalan Jual Elpiji 3 Kg Lampaui HET

Pertamina Kumpulkan Agen, Ingatkan Kewajiban Pengawasan

Pastikan pangkalan elpiji 3 Kg jual sesuai HET, Pertamina kumpulkan agen, ingatkan kewajiban mengawasi (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Untuk memastikan pangkalan menjual elpiji 3 kilo gram (Kg) sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan masing-masing pemerintah daerah, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan mengingatkan agen akan kewajibannya melakukan pengawasan.

“Kontrak pangkalan dengan agen, oleh karena itu agen bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan pembinaan ke pangkalan masing-masing,” kata General Manager (GM) Pertamina MOR VI Kalimantan Boy Frans Justus Lapian dihadapan para agen elpiji 3 Kg wilayah Kalimantan, Kamis (9/1/2020).

Adapun HET elpiji 3 Kg di Balikpapan Rp 18 ribu per botol.

Disebutkan, di Kalimantan ada 235 agen dan 10.015 pangkalan yang mendistribusikan elpiji 3 Kg. Sementara realisasi penyaluran elpiji khusus untuk masyarakat miskin tersebut sebanyak 370.812 Metrik Ton atau sebanyak 123.603.929 tabung, di wilayah kerjanya sepanjang tahun 2019.

Ia menegaskan tidak mentolerir jika ada pangkalan Yang masih menjual elpiji 3kg di atas HET. Di sisi lain, Pertamina juga menghimbau masyarakat untuk ikut mengawasi pangkalan elpiji 3 Kg di lingkungan sekitarnya. Pangkalan dapat dikenali dari plang nama berwarna hijau yang menyatakan nama pangkalan dan menuliskan HET.

” Masyarakat dapat melihat HET di setiap papan nama pangkalan resmi. Jika ada pangkalan yang menjual harga tidak sesuai, laporkan ke aparat atau diinformasikan ke call center Pertamina di nomor 135,” pungkas Boy. (run)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top