Ekbis

Harum Mewangi Omzet Karbol Serai

Minim Pesaing, Kaya Manfaat

Surya Harinata distributor karbol sereh di gerai usahanya (foto:kotaku.co.id/nik)


KOTAKU, BALIKPAPAN-Serai atau sereh dijadikan salah satu bumbu masakan, itu sudah biasa. Tapi bagaimana bila sereh diolah menjadi karbol, tentu hal yang asing di telinga. Utamanya bagi warga Kota Balikpapan. Sebab konon, produk tersebut belum tersedia di supermarket maupun swalayan. Dengan kata lain minim pesaing. Kontan, peluang bisnis yang cukup besar. Adalah Surya Harinata, distributor karbol sereh merek Peace yang memperkenalkan produk tersebut di Kota Balikpapan. “Di Pulau Jawa dan Jakarta sekitarnya karbol sereh ini tidak asing lagi,” serunya ditemui di gerainya Jalan DI Panjaitan Strat I No 95, Sabtu (11/1/2020).

Sereh merupakan tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan masakan. Adapun karbol merupakan cairan pembersih, mampu membunuh kuman dan bakteri yang mudah berkembang biak di area lembap, serta menghilangkan bau tak sedap. Karena itu, karbol biasa digunakan untuk membersihkan kamar mandi, dapur dan lainnya.

Dia menerangkan, usaha distributor karbol sereh dirintis sejak tahun 2018. “Awal mulanya istri saya ingin memperkenalkan produk ini di Balikpapan karena produk ini terbilang langka di Kota Balikpapan,” ucapnya kemudian.

Dikatakan Surya karib ia disapa, produk yang ia jual dipasok dari Jakarta. Terbuat dari 100 persen bahan alami berupa sereh. Karbol sereh juga diklaim kaya guna. Tak hanya berfungsi sebagai pembersih tapi juga ampuh mengusir binatang yang sering dijumpai di lingkungan tempat tinggal. Seperti nyamuk, semut, lalat, kecoa dan bahkan tikus sekalipun. Lebih dari itu, penggunaan karbol alami tersebut dipastikan akan memberi sensasi berbeda karena sereh terkenal dengan aroma wangi yang khas.

Hadir dalam kemasan botol plastik, karbol sereh dibandrol Rp 45 ribu. Penasaran, tidak ada salahnya untuk mencoba. (nik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top