Ekbis

12 Tahun Tekuni Bisnis Pencucian Mobil, Tetap Kinclong Berkat Inovasi

Jasa pencucian kendaraan milik Merry di Jalan Wonorejo, Balikpapan Utara (foto:kotaku.co.id/Niken Sulastri)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Inovasi kunci sukses dalam sebuah usaha. Itu juga yang dianut Merry, pemilik usaha jasa pencucian kendaraan khususnya roda empat 99 Car Care yang berada di bilangan Jalan Wonorejo Blok A No 1, Balikpapan Utara. Sadar bisnis tersebut digeluti banyak pemain, ia pun menghadirkan layanan tambahan. Masih seputar perawatan kendaraan. Yakni Car Leather Seat dan Car Saloon. Layanan yang menawarkan perawatan kendaraan lebih ekstra dan spesifik.

Benar saja, bisnis pencucian mobil yang ditekuni sejak tahun 2008, tetap kinclong hingga saat ini. “Awalnya saat itu belum banyak layanan pencucian mobil, kebetulan ditunjang dengan lahan yang strategis dan luas, lahirlah usaha ini,” tutur Merry seraya mengenang saat dijumpai kotaku.co.id, Rabu (15/1/2020).


Untuk menambah kenyamanan pengguna jasa, ia pun memberikan fasilitas pelengkap seperti ruang tunggu dan cafe.

Didukung 21 pekerja, 99 Car Care diklaim mampu melayani pencucian rata-rata 50 – 60 unit per hari. Biaya cuci dibandrol Rp 60 ribu.

Adapun Car Leather Seat (kulit jok mobil) dikembangkan sejak empat tahun lalu dan berada tepat di area belakang. “Tujuannya untuk melengkapi dua layanan sebelumnya. Supaya ada alternatif buat customer,” tuturnya ramah.

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang konsumen, Ambar mengaku puas dengan layanan yang diberikan. “Tempat ini sangat nyaman bagi wanita, hasil pencuciannya juga bersih dan karyawannya pun ramah,” serunya saat tengah menunggu kendaraannya rampung dicuci.

Setali tiga uang, Abu yang mengaku menjadi pelanggan setia sejak 99 Car Care hadir melayani, yakni kualitas air yang digunakan untuk mencuci kendaraan.

“Airnya tidak kuning jadi tidak membuat karat mesin,” ungkapnya. Urusan tarif yang dibebankan, mayoritas pelanggan mengatakan berbanding lurus dengan layanan dan kepuasan yang didapat.

Kembali Merry berujar, usaha yang ditekuni sejak 12 tahun lalu diharapkan semakin berkembang agar lapangan kerja semakin terbuka lebar. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top