Corak

Maksimalkan Gayamu di Balikpapan Fest 2020

Rangkaian HUT ke 123, Tema Hiburan

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kota Balikpapan Doortje Marpaung (kanan, keempat) dan Ketua Panitia HUT ke 123 Armiwinsih (kiri, keempat) bersama seluruh panitia usai menggelar press conference Balikpapan Fest 2020 (foto: kotaku.co.id/run)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Bagi seluruh warga Kota Balikpapan, siapkan diri untuk mengikuti rentetan kemeriahan HUT ke 123 Kota Balikpapan. Salah satunya Balikpapan Fest 2020 yang menyuguhkan berbagai agenda sarat hiburan, kreativitas, seni dan budaya. “Balikpapan Fest 2020 salah satu kegiatan di Kaltim yang masuk dalam kalender even nasional, even lainnya yakni Erau dan Festival Mahakam. Maka Kementerian Pariwisata RI juga akan berperan dalam kegiatan promosi,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Porapar) Kota Balikpapan Doortje Marpaung diamini Ketua Panitia HUT ke 123 Armiwinsih saat press conference di Kopi Batavia, Pentacity Shopping Venue, Senin (3/2/2020).

Balikpapan Fest 2020 merupakan bagian utama rangkaian HUT. Mengusung tema The Age of Collaboration. Bermakna kolaborasi kreativitas dari berbagai elemen seni dan budaya yang ada di Kota Balikpapan.

Diawali dengan BPN Go 123 di Balikpapan Tennis Stadium 5-9 Februari 2020 hasil kolaborasi dengan Uncel Meet Up. Yakni ajang yang mengetengahkan kuliner, lifestyle dan fashion bertemakan bunga matahari (Sunflower). Dalam kegiatan tersebut, dua artis muda berbakat Pamungkas dan Ardhito Pramono akan hadir menghibur pengunjung. Masing-masing secara berurutan pada 6 dan 9 Februari 2020.

Ada juga Balikpapan Fashion Week, 7-9 Februari di Pentacity Shopping Venue, e.Walk dan Grand Jatra Hotel hasil kerja sama dengan manajemen Balikpapan Super Block (BSB). Tak main-main, desainer kondang Indonesia seperti Agnes Budhi Surya, Ida Royani, Naniek Rachmat dan artis Laudya Chintya Bella dijadwalkan hadir mengisi acara. “Banyak desainer nasional yang tertarik dalam kegiatan ini tapi karena kami memiliki kewajiban mengangkat produk lokal maka kami memberi porsi yang lebih besar kepada UMKM Kota Balikpapan agar bisa bisa tampil sehingga karyanya bisa setara dengan produk nasional,” imbuh General Manager (GM) e.Walk dan Pentacity Yudhi Saharuddin.

Terlebih, lanjut Yudhi karya desainer lokal tak kalah memukau dan banyak digilai penikmat fashion. Di antaranya Batik Vi dan Batik Ampiek yang akan hadir memeriahkan acara.

“Kami harap kegiatan ini dapat diterima seluruh masyarakat,” serunya.

Tepat saat hari jadi yakni 10 Februari, akan digelar kegiatan Balikpapan Menari menampilkan tarian nusantara dibawakan ribuan pelajar Kota Balikpapan. Malam harinya, syukuran menampilkan penyanyi dangdut Nella Kharisma. Tidak ketinggalan Ifan Seventeen yang juga tampil menghibur warga kota saat peringatan HUT tahun 2019.

Keesokan harinya atau 11 Februari, Balikpapan Film Festival di Gedung Kesenian hadir untuk menambah semarak. Berupa wadah bagi insan perfilman Kota Balikpapan hasil kerja sama dengan Komunitas Sineas Muda Balikpapan.

Tak berhenti sampai di situ, 15 Februari akan digelar Balikpapan Internasional Fashion Carnaval di jantung kota. Turut menyemarakkan peserta dari Prancis, Senegal dan Thailand.

Sebagai penutup akan diselenggarakan Festival Pesisir selama dua hari berturut-turut. Tepatnya 15-16 Februari 2020 di Pantai Segara Sari Manggar. Yang unik, kegiatan tersebut akan dipadu dengan musik orkestra persembahan Choral Orkestra Folklore Festival (COFF). Semakin istimewa berkat hadirnya penampilan budaya tradisional, lomba perahu naga, perahu hias, lomba masak, festival layang-layang dan lomba PAUD. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top