Ekbis

Tak Sekadar Kemudahan Permodalan, Rumah Kreatif Balikpapan Bidani UMKM Naik Kelas

Novie dengan sejumlah koleksi produk kerajinan UMKM binaan RKB Pertamina (foto: kotaku.co.id/qis)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Maraknya industri kreatif di Balikpapan kini menjadi alternatif usaha yang cukup menguntungkan. Akan tetapi banyak juga yang terkendala masalah permodalan. Banyak usaha kecil rumahan yang membutuhkan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya. Menjawab kebutuhan tersebut, PT Pertamina (Persero) menghadirkan Rumah Kreatif Balikpapan (RKB) berlokasi di area SPBU Sepinggan, Jalan Marsma R Iswahyudi. “RKB diformulasikan untuk memudahkan pelaku usaha mengakses permodalan hingga memasarkan produk,” terang Officer Communication and Relation Pertamina area Kalimantan Fajri Pradana Putra dijumpai dalam sebuah kesempatan, Senin (3/2/2020).

RKB merupakan program pembinaan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Balikpapan. Lahir sejak 1 November 2016 serentak di seluruh indonesia. Hingga saat ini RKB menaungi lebih dari 300 UMKM yang tergabung sebagai mitra binaan, berasal dari berbagai latar belakang usaha. Mulai kerajinan, craft, batik hingga kuliner. Mendukung kegiatan promosi, produk para mitraa kerajinan dipajang di galeri. Ada mini tas rotan, amplang, krupuk buah naga dan sambal kemasan botol.

Ditemui terpisah, Novie salah seorang karyawan RKB menjelaskan bahwa setiap bulannya digelar kegiatan pelatihan yang bermanfaat bagi pelaku UKM. Pelatihan yang dimaksud berbasis pengetahuan dan kreativitas agar menghasilkan produk yang inovatif dan variatif. Termasuk pembekalan cara menjalankan dan memasarkan usaha dan produknya.

“RKB juga membantu sistem penjualan secara online maupun offline. Selain itu juga, memantau perkembangan penjualan dan peningkatan mutu serta kualitas agar UKM binaan bisa mencapai misinya untuk go modern, go online dan go digital,” serunya di sela aktivitasnya di Galeri RKB.

Novie melanjutkan, untuk bisa menjadi mitra binaan, syarat yang dibebankan diklaim mudah. Cukup mengajukan permohonan, mengisi formulir yang sudah disediakan kemudian akan ada tim yang akan melakukan survei.

Lebih dari itu, keuntungan besar menanti. Yakni mitra binaan berkesempatan mengikuti pameran yang diselenggarakan Pertamina baik di dalam maupun luar kota. Tanpa dipungut biaya.

“Harapannya pelaku UKM dapat terus berinovasi agar daya jual produk khususnya Balikpapan menjadi unggulan dan mempunyai daya saing dengan daerah lain,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top