Corak

Bikin Takjub, Balikpapan Fashion Week Juga Usung Penyelamatan Orangutan melalui BOS

Public Awareness BOS Davina Veronica saat hadir di ajang press conference BFW 2020 (foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Ada yang menarik dalam kegiatan Balikpapan Fashion Week 2020 yang digelar 7-9 Februari di e.Walk, Pentacity dan Grand Jatra Hotel di kawasan pusat niaga Balikpapan Superblock (BSB). Tidak saja menggaet desainer kondang tanah air dan menjadi panggung bagi perancang daerah tapi juga keikutsertaan Borneo Orangutan Survival (BOS). Kehadirannya di ajang yang bakal menjadi perhatian nasional tersebut, untuk mengkampanyekan penyelamatan dan rehabilitasi orangutan sebagai salah satu hewan langka Kalimantan. “Butuh peran serta semua orang untuk terlibat dalam penyelamatan orangutan dan habitatnya, karena manusia juga memerlukan hutan untuk bertahan hidup,” terang Public Awareness Davina Veronica saat berkesempatan hadir mengikuti jumpa media BFW 2020 di Jcuvee Lounge and Bar Grand Jatra Hotel, Jumat (7/2/2020).

Borneo Orangutan Survival merupakan yayasan yang berdiri sejak tahun 1991 bermarkas di Samboja. Fokus terhadap penyelamatan dan rehabilitasi orangutan. Perannya, mengembalikan sisi liar orangutan. Caranya dengan melatih orangutan memanjat pohon, mengenali ancaman, membuat sarang karena orangutan adalah satwa yang tinggalnya di atas pohon. Yayasan ini mempunyai 90 tim teknis, empat manager program dan 38 pengasuh (babysitter) yang memiliki kedekatan langsung dengan orangutan sejalan dengan tugasnya merawat agar tumbuh berkembang dengan baik. Susu dan popok menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari selain makanan yang banyak untuk menunjang kesehatan. Adapun makanan yang dikonsumsi antara lain rambutan, tebu, jeruk, daun pepaya. Kebutuhan yang juga disiapkan yakni obat-obatan seperti vitamin, antibiotik, hingga peralatan seperti anak panah bius juga masker dan berbagai kebutuhan obat lainnya yang disediakan oleh tim dokter. Bahkan, untuk memastikan kesehatan orangutan, yayasan melakukan pemeriksaan seperti foto Rontgen setiap tahunnya.

“Orangutan disebut sebagai The Gardeners of Forest yaitu orangutan sebagai tukang kebun. (tapi kini) Banyak orangutan yang punah karena fungsi lahan yang rusak dan jadi peliharaan,” lirih wanita cantik ini.

Penyelenggara sekaligus tuan rumah BFW 2020 saat penyerahan donasi secara simbolis kepada Public Awareness BOS Davina Veronica (foto: kotaku.co.id/niken)

Dalam kesempatan yang sama, BSB selaku penyelenggara dan tuan rumah Balikpapan Fashion Week 2020, memberikan donasi kepada BOS sebagai bentuk dukungannya menyelamatkan orangutan.

Adapun BFW merupakan pekan mode pertama di Kota Balikpapan, sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan perkembangan UMKM di Kaltim yang digelar BSB sebagai wujud kontribusi kepada daerah dengan harapan dapat menjadikan industri fashion Kota Balikpapan sebagai pusat fashion di Indonesia Timur. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top