Corak

Ada Korean Festival di Balikpapan, Peserta dan Penonton Antusias

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi (tengah) saat membuka Bintangnya Bintang Balikpapan di ajang Korean Festival (foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Para penggemar Korea Pop (K-Pop) di Kota Balikpapan dibuat makin cinta menyusul digelarnya Korean Festival bertajuk Bintangnya Bintang Balikpapan di atrium e.Walk Balikpapan Superblock (BSB), Minggu (9/02/2020) oleh Pusat Kebudayaan Korea di Indonesia, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI). Berupa ajang unjuk kebolehan bertemakan Korea. Ajang itu sekaligus menjadi rangkaian kemeriahan HUT ke 123 Kota Balikpapan.

“Ini merupakan kali pertama kami ke Balikpapan dan saya bisa bertemu dengan orang -orang yang ramah dan kota yang bersih serta perhatian dan minat yang diberikan banyak orang terhadap Korean Cultural Center,” terang Direktur KCCI Mr Chun Youngpoung dijumpai di sela acara.

KCCI bertempat di Jakarta dengan misi memperkenalkan dan menyebarkan kebudayaan Korea di Indonesia, meningkatkan persahabatan antara kedua negara melalui pertukaran kebudayaan dan sumber daya manusia, meningkatkan pemahaman antar dua negara.

Acara yang dibawakan langsung oleh staf KCCI Debora Manja J Persik ini menampilkan 14 peserta. Salah seorang di antaranya berasal dari Samarinda. Penampilan mereka dinilai langsung oleh tiga juri. Masing-masing Mr Chun Youngpoung, Hallyu Influencer Ms Jenifer Wirawan dan Perwakilan Korea Association Kalimantan Ms Gaeun Kim. Antusias bukan saja dari peserta yang mengikuti festival ini melainkan dari para penonton. “Saya senang dengan adanya even ini karena membuat remaja Balikpapan (memiliki wadah) menyalurkan hobinya dan berbuat hal yang positif,” terang Ulfa dan Hj Murni. Keduanya pun mengaku sejak lama kepincut dengan kebudayaan Korea. Acara semakin menegangkan melihat penampilan memukau tim taekwondo KCCI.

Rupanya, Korea Cultural Center tidak saja diselenggarakan di Balikpapan saja melainkan di kota lainnya, sepanjang tahun 2020. Seperti Medan, Bali, Bandung dan Surabaya.

Atraksi tim Taekwondo KCCI di ajang Korean Festival (foto:kotaku.co.id/niken)

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan HM Rizal Efendi. Menurutnya, ajang tersebut sukses memikat perhatian warga Balikpapan. Dan yang merasakan kegembiraan dalam acara ini bukan hanya dari peserta dan pengunjung akan tetapi pelaku usaha. Khususnya yang membuka stan di lokasi kegiatan. Adapun pemenang Bintangnya Bintang Balikpapan akan adu kebolehan dengan pemenang dari kota lain yang akan digelar akhir tahun ini. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top