HUT Balikpapan

Hadiri HUT, Gubernur Kaltim Isran Noor Sebut Balikpapan Rasa Ibu Kota Negara

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi (kiri) mendampingi Gubernur Kaltim H Isran Noor saat berkesempatan hadir dalam peringatan HUT Kota Balikpapan (foto:humas pemkot)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pemerintah Kota Balikpapan menggelar peringatan HUT ke-123 Kota Balikpapan, di Lapangan Merdeka, Senin (10/2/2020). Gubernur Kaltim H Isran Noor turut hadir sebagai tamu kehormatan. Ia menilai Balikpapan sudah siap menyambut Ibu Kota Negara (IKN). “Rasa-rasanya saya seperti sudah di Ibu Kota Negara,” kelakarnya dalam sambutannya. Itu sesuai dengan tema HUT yang diusung yakni kota penyangga Ibu Kota Negara yang baru.

Isran berkali-kali melemparkan pujian kepada Kota Balikpapan, banyak penghargaan dan prestasi yang ditorehkan oleh kota Minyak ini.

Kesiapan Balikpapan khusunya sebagai kota penyangga sudah terlihat dari tata kotanya dan pertumbuhan perekonomian yang semakin maju. Kalau sebelumnya Balikpapan sebagai pintu gerbang Kaltim, kini mendapat kepercayaan sebagai kota penyangga IKN. “Sebesar Jakarta saja membutuhkan kota penyangga di sekitarnya seperi Bogor, Depok dan Tangerang. Begitu pun untuk IKN yang baru di PPU dan Kutai Kertanegara, kota sekitarnya seperti Balikpapan, Samarinda harus bersinergi membangun untuk Kaltim Berdaulat,” gebunya.

Isran Noor optimis akan dampak positif dari perpindahan IKN ke Kaltim untuk kemajuan di semua sektor. Ia menyebut, lonjakan perekonomian naik 7 persen periode tahun 2019 dan kehidupan semakin baik dan berkembang. “Maju kotanya, maju pula masyarakatnya” ucap pria yang gemar melempar pantun dalam berbagai kesempatan.

Lebih dari itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Kaltim juga mendukung dan akan membuka ruang yang luas kepada Pemerintah Kota Balikpapan untuk berinovasi, berkreasi, serta membuat terobosan kreatif untuk pembangunan menuju terwujudnya IKN. Upacara HUT Kota Balikpapan yang diperingati tiap 10 Februari, dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pengusaha hingga tokoh masyarakat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top