Pilkada Balikpapan

Baru Buka Penjaringan, Enam Pendaftar Bakal Calon Wawali Serbu Partai Golkar Balikpapan

Abriantinus mengambil formulir secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan H Rahmad Mas’ud (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Tidak berlebihan rasanya bila menyebut, Partai Golkar sebagai primadona. Betapa tidak, sesaat setelah membuka penjaringan bakal calon (Balon) wali kota dan wakil wali kota, enam pendaftar langsung menyerbu dalam waktu bersamaan, Senin (17/2/2020) pagi tadi. Masing-masing Abriantinus, H Ahmad Basir diwakili pengurus Partai Nasdem, Ustad Achmad Rosidi, Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan Thohari Aziz, Benito Jago dan kader Partai Golkar Edi Alfonso. Seluruhnya, mengambil formulir pendaftaran sebagai balon wakil wali kota.

“Kami membuka kesempatan untuk siapa pun yang ingin mendaftar tapi untuk (balon) wali kotanya, internal Golkar cukup satu yang diusung berdasarkan hasil pleno yakni Rahmad Mas’ud,” kata Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan H Rahmad Mas’ud. Terkait pengusungannya, ia optimis mampu bersaing.

Rahmad pun meyakinkan kepada seluruh pendaftar bahwa hasil tidak direkayasa. Melihat antusias pendaftar, Rahmad berharap, ada kader partai berlambang beringin yang mengikuti penjaringan balon wakil wali kota. “Karena (tanpa koalisi) Partai Golkar bisa mengusung sendiri calon wali kota dan wakilnya,” tegasnya.

Meski begitu, Rahmad menegaskan partai pemenang Pemilu Legislatif tahun 2019 di Kota Balikpapan ini tetap membuka peluang koalisi dengan partai lain demi membangun Kota Balikpapan melalui pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Itu sesuai hasil rekomendasi. “Partai Golkar tidak otoriter, terbuka semua peluang kepada partai lain untuk bersama-sama membangun Kota Balikpapan,” jelasnya. Dikatakan Rahmad, PDIP merupakan salah satu partai yang telah mengundangnya melakukan komunikasi lebih lanjut. “Partai lain pun (yang mengundang, akan terbuka) yang penting terdaftar partainya. Yang kemarin baru PDIP dalam waktu dekat PKS, mungkin Gerindra dan mungkin Demokrat, tidak menutup kemungkinan partai lain,” lugasnya.

Ustad Achmad Rosidi mengambil formulir secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan H Rahmad Mas’ud (foto:kotaku.co.id/chandra)

Dalam kesempatan yang sama, Abriantinus mengatakan, pendaftarannya sebagai bukti keseriusan untuk maju dalam Pilkada Balikpapan. “Siapa pun yang direkomendasikan, akan siap mendukung,” sahutnya. Adapun formulir yang ia ambil dalam penjaringan tersebut yakni sebagai balon wakil wali kota. Lebih lanjut dia menerangkan, penting baginya untuk ikut serta karena Partai Golkar merupakan partai besar dan pemenang di Balikpapan. Itu masih ditambah dengan balon wali kota yang diusung yakni H Rahmad Mas’ud merupakan figur yang punya nama besar dan saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan. Apalagi, Abriantinus mengaku sudah mengantongi dukungan dari komunitas masyarakat Dayak untuk maju dalam Pilkada Balikpapan 2020. “Minggu lalu sudah deklarasi untuk mendukung,” pukaunya.

Selain mendaftar ke Partai Golkar, Abriantinus menyebut telah melakukan hal serupa di sejumlah partai saat penjaringan dibuka beberapa waktu lalu. “Ke (Partai) Hanura, (Partai) Gerindra dan sekarang Partai Golkar,” tuturnya tenang.

Pengurus Partai Nasdem saat pengambilan formulir secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan H Rahmad Mas’ud (foto:kotaku.co.id/chandra)

Dalam kesempatan yang sama, Ustad Achmad Rosidi mengatakan pendaftaran yang ia lakukan bagian dari niatnya bersama-sama membangun Kota Balikpapan. “Balikpapan dengan modal masyarakat hitirogen diharapkan akan menjadi mercusuar di Indonesia dan menjadi jendela dunia karena semua potensi ada di sini,” tuturnya dalam sambutannya. Ia pun menutup sambutannya dengan melempar pantun.

Pengurus Partai Nasdem Maulidin yang hadir mewakili H Ahmad Basir saat pengambilan formulir menyampaikan permohonan maafnya. “H Ahmad Basir berhalangan hadir karena sedang umrah,” jelas Maulidin. Ia pun percaya diri, H Ahmad Basir akan digandeng sebagai wakil dan mendampingi balon yang diusung Partai Golkar. Pendaftaran yang dilakukan lanjut dia, bagian dari instruksi pengurus pusat Partai Nasdem. “Disuruh aktif ke semua (partai), mendaftar,” tegasnya.

Para pendaftar, Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan H Rahmad Mas’ud dan tim penjaringan foto bersama (foto: kotaku.co.id/chandra)

Sementara itu, Ketua DPC PDI P Balikpapan Thohari Aziz menegaskan, mesin PDIP siap berdemokrasi dalam Pilkada Balikpapan. Ia pun menegaskan terbuka jika ada kader PDI P yang juga mengajukan diri mendaftar. “Enggak ada masalah,” serunya.

Adapun penjaringan yang digelar Partai Golkar dibuka hingga Selasa, 18 Februari 2020, besok. Dalam penjaringan tersebut seluruh pengurus Partai Golkar turut hadir. Di antaranya Sekretaris DPD Partai Golkar Balikpapan H Abdullah, Ketua Harian DPD Partai Golkar Balikpapan H Kasharianto dan lainnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top