Corak

Padat Lomba, Puncak Peringatan Bulan K3 di Pertamina MOR VI Kalimantan

Salah satu rangkaian kegiatan Bulan K3 tahun 2020 di lingkungan Pertamina MOR VI Kalimantan (foto: kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional (MOR) VI Kalimantan menutup peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional dengan menggelar berbagai lomba, Jumat (21/2/2020).
Meliputi fun games yang berhubungan dengan aspek keselamatan dan kesehatan kerja dengan diikuti oleh ratusan pekerja dan mitra kerja Pertamina. Beberapa kompetisi juga digelar melibatkan puluhan perwakilan pekerja dari masing-masing provinsi di Kalimantan dan tim sekuriti. Yakni security contest, tank truck fire and rescue competition, fire gear speed competition, working at height competition, dan lock out tag out competition.

Regional Manager Communication, Relation & CSR Pertamina area Kalimantan Roberth Marchelino Verieza, dalam siaran pers yang disampaikan Minggu (23/2/2020) mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi insan Pertamina dan mitra kerja terhadap Sistem Manajemen K3 dan Implementasi Budaya K3 di lokasi kerja.

‘Pertamina selalu berupaya untuk menjadikan K3 ini sebagai sebuah budaya, bukan hanya sekadar program kerja atau peringatan semata,” ucapnya.

Mengacu keputusan Menteri Ketenagakerjaan No 328 tahun 2019, Pertamina dalam hal ini mengangkat tema Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk membangun Budaya HSSE, Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Mewujudkan Business.

Bertepatan dengan hari Sampah Nasional, Jumat lalu digelar pula lomba pilah sampah. Bertujuan untuk mengedukasi bijak sampah bagi insan Pertamina MOR VI dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya.

Adapun rangkaian kegiatan selama satu bulan penuh meliputi program Patuh On The Ship, di mana pekerja di lokasi kerja tergabung dalam beberapa tim dengan melakukan identifikasi unsafe condition maupun unsafe condition yang berada di area Jetty dan kapal yang sedang sandar di dermaga masing-masing lokasi. Selajutnya, hasil tersebut direkapituliasi dan ditindaklanjuti.Temuan terbanyak dan tindak lanjut paling produktif akan mendapatkan reward.

Kegiatan tidak hanya untuk internal tetapi juga eksternal yaitu pelatihan bagi safety man kontraktor yang melakukan pekerjaan di Pertamina MOR VI dilanjutkan dengan pemberian sertifikasi.

Ada juga lomba pembuatan video yang berkaitan dengan safety momen mengingat pesan-pesan digital yang dirangkum dengan baik dan unik akan lebih mudah diterima oleh penerima pesan dan mudah juga untuk disebarluaskan.

“Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini, tidak akan terjadi sebuah kejadian yang dapat merugikan dan peduli satu sama lain untuk saling mengingatkan dan memitigasi risiko dari ptotensi-potensi kejadian yang ada,” pungkas Roberth. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top