Corak

Bahas Pariwisata dan Ekraf, Milenial Antusias

Rahmat

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sejumlah peserta mengaku antusias terlibat dalam Milenials Gathering yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, di Grand Jatra Hotel, Senin (24/2/2020). Menghadirkan Wakil Menteri Kemenparekraf Angela Tanoesoedibyo dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian sebagai pembicara.

Pasalnya, ajang tersebut menjadi bahan bakar bagi generasi muda untuk bergerak di dunia pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf). “Bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang wisata dan pengembangannya,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Pinisi RT 32 Kelurahan Klandasan Ilir Rahmat ditemui di sela acara.

Mohammad Imam Tauqhid

Peserta lainnya, mahasiswa Teknik Elektronika Semester VI Politeknik Negeri Balikpapan Mohammad Imam Tauqhid mengaku termotivasi dan memacu semangatnya untuk menyalurkan ide. “Sudah sejak lama imam berkeinginan untuk membuka Clothing (Label produk pakaian dan lainnya, Red). Harapannya setelah mengikuti kegiatan semakin banyak ilmu baru yang didapat,” serunya.

Febri Adi Prasetio

Berbanding terbalik dengan keduanya, Presiden Mahasiswa Uniba periode 2018-2019 Febri Adi Prasetio justru mengkritisi kegiatan tersebut karena dianggap minim pendampingan dan sosialisasi. Padahal kegiatan tersebut konon sudah kali keempat digelar. “Terlalu formil dan terkesan tertutup, pengennya ada sebuah konsep yang mengusung kreativitas atau bakat setiap daerah,” terangnya. Pemuda asal Desa Gunung Intan Kecamatan Babulu Darat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ini pun mengaku kecewa dengan konsep acara yang disuguhkan. Namun dia menaruh harap, pemerintah lebih serius merangkul anak muda dalam bentuk dukungan kegiatan tidak lagi dalam wujud imbauan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri kalangan milenial dari berbagai daerah. Mulai Balikpapan, PPU, Kutai Kartanegara (Kukar) dan Samarinda. Tergabung dalam berbagai komunitas dan berasal dari berbagai latar belakang. Seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), mahasiswa serta enterpreneur muda. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top