Sport

Menuju Tuan Rumah Kejuaraan Dunia, Pengcab Bola Tangan Balikpapan Gelar Laga Antar Sekolah

Para peserta dalam kejuaraan Bola Tangan antar sekolah foto bersama sebelum berlaga (foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Tidak saja dikenal dengan kelezatan kuliner, industri dan budayanya Balikpapan juga mahsyur dengan prestasinya. Salah satunya dari dunia olah raga bola tangan yang panen gelar juara di kancah nasional maupun internasional. Tak heran bila saat ini olah raga bola tangan tengah marak dan digandrungi di Kota Balikpapan. Guna meningkatkan kecintaan sekaligus pembinaan bibit unggul menuju kejuaraan daerah dan nasional, Pengurus Cabang Asosiasi Bola Tangan Indonesia (Pengcab ABTI) Balikpapan menggelar agenda rutin tahunan yakni Kejuaraan Bola Tangan Antar Sekolah yang dibuka, Senin (24/02/2020) di Center Court Balikpapan Tennis Stadium Jalan Letkol Pol HM Asnawi Arbain dan berlangsung hingga sepekan ke depan. Tak main-main, ada 59 tim yang berlaga mulai tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK.

“Dengan antusias para pelajar semoga ada perhatian khusus dari pihak terkait untuk mendukung cabang olah raga bola tangan ini supaya semakin maju, berkembang dan jaya di Kota Balikpapan,” jelas Ketua Pengcab ABTI Balikpapan Suraji ditemui di sela pembukaan.

Apalagi, Kota Balikpapan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Handball Beach tingkat dunia yang digelar April 2020.

Lebih dari itu ia juga menaruh harap, olah raga bola tangan menjadi bagian dari kurikulum sekolah karena selama ini hanya kegiatan extra kulikuler.

Olah raga bola tangan merupakan olah raga beregu di mana masing-masing regu terdiri dari tujuh orang pemain. Permainan ini mirip dengan sepakbola, tapi cara memindahkan bola dengan tangan pemain. Ada dua jenis olah raga bola tangan yakni indoor dan outdoor (Beach Handball). Di Kota Balikpapan, cabang olah raga tersebut mulai berkembang pesat sejak tahun 2014. Walaupun terhitung baru tetapi prestasi yang diraih cukup banyak. Itu semua hasil kerja keras pengurus dan pemain bola tangan di Balikpapan. Rencananya, kejuaraan serupa akan kembali digelar Oktober 2020 mendatang.

“Semoga olah raga bola tangan di Kota Balikpapan bisa tambah sukses dan bisa menciptakan atlet-atlet yang handal,” terang Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua Pengcab ABTI Balikpapan Gesariyanto.

Salah seorang pemain Squad Beach Balikpapan yang juga merupakan pemain Sea Games 2019 di Filipina Derril berharap, akan semakin banyak yang berminat dengan Handball. Mulai dari kalangan masyarakat hingga pemerintah. “Walaupun sekarang pemerintah sudah mendukung dan semoga kedepannya lebih mendukung lagi, ungkap pelajar SMKN 5 ini.

Adapun kejuaraan dibuka Sekretaris Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Balikpapan Irfan Taufiq. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top