Parlementaria

Mantul..!! Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Kawal dan Perjuangkan Perbaikan SDN 012 Baru Ulu

Dataran Tinggi, Lapangan Sekolah Rawan Longsor, Janjikan Pengerjaan Secepatnya

Alwi Al Qadri

KOTAKU, BALIKPAPAN-Dalam kunjungannya ke SDN 012 Kelurahan Baru Ulu akhir pekan lalu, Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qadri mengaku prihatin. Pasalnya, fasilitas sekolah berupa lapangan yang acap digunakan untuk berbagai kegiatan, rawan longsor. Utamanya sisi lapangan yang menghadap jalan. Itu karena lokasinya berada di dataran tinggi dan sebagian materialnya mulai terkikis. “Saya mendapat laporan dan sudah melihat langsung ke lapangan. Kondisinya parah. Saya sarankan pihak sekolah segera mengajukan perbaikan,” jelasnya ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/3/2020). Ia mengingatkan, pemugaran sedini mungkin penting untuk dilakukan sebagai bentuk pencegahan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. “Jangan sudah terjadi longsor baru dilakukan perbaikan. Jauh lebih baik kalau dicegah sejak dini,” tegasnya. Perbaikan sejak potensi terdeteksi juga akan menelan biaya yang lebih sedikit dibanding setelah musibah terjadi.

Ia pun mengaku akan mengawal ketat usulan perbaikan dan siap memperjuangkan hingga mendapat kepastian waktu pengerjaan. Alwi memandang, karena bersifat mendesak maka perbaikan dapat dilakukan dalam waktu dekat.

“Bisa dikerjakan bulan depan, pemerintah kota bisa menggunakan dana darurat. Enggak perlu menunggu APBD Perubahan apalagi APBD 2021, kelamaan,” jelasnya.

Kepala Sekolah SDN 012 Baru Ulu Paini (kiri) didampingi para guru dengan latar belakang sudut di lingkungan sekolah yang rawan longsor (foto; kotaku.co.id/ist)

Tentu saja, sambung Alwi, ada mekanisme yang wajib dipatuhi dalam usulan perbaikan. Kelurahan terlebih dahulu menyurat ke Pemerintah Kota. Dari situ barulah ditindaklanjuti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan sebagai instansi teknis.

Terkait itu, Lurah Baru Ulu M Rizal saat dihubungi mengaku Selasa (10/3/2020) besok akan melayangkan surat ke Pemerintah Kota Balikpapan. “Surat sudah dibuat sesuai instruksi Komisi III DPRD Balikpapan. Besok dikirim (diajukan),” jawabnya.

Terpisah, terkait lingkungan sekolah yang rawan longsor Kepala Sekolah SDN 012 Baru Ulu Paini tidak menampiknya. “Sebenarnya kami juga tidak tinggal diam dengan kondisi ini. Kami sudah ajukan sejak Musrenbang tahun 2015 lalu tapi belum ada realisasi,” ucapnya ditemui di sekolah. Ia pun mengaku antusias dengan adanya kemungkinan untuk dilakukan perbaikan dalam waktu dekat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top