Ekbis

Dianggap Pasar Seksi, Sukuk Ritel SR012 Jangkau Kaltim, Bisa Dipesan secara Online

Sosialisasi dan edukasi SR012 di aula Kanwil DJP Kaltimra (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Dianggap pasar yang seksi, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko mengggelar Sosialisasi dan Edukasi Sukuk Ritel Negara seri SR012, di aula Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kaltim dan Kaltara (Kaltimra), Jum’at (13/3/2020).

“Kalimantan banyak pengusaha dan hasil dari usahanya perlu sarana investasi. Dengan adanya instrumen investasi yang dikeluarkan pemerintah diharapkan masyarakat tidak tidak terjebak lagi dengan investasi bodong,” tegas Kepala Seksi Hubungan Kelembagaan Azwin Nasution di sela kegiatan. Adapun masa penawaran seri tersebut dibuka hingga 18 Maret 2020.

Sukuk Negara Ritel seri SR012 adalah salah satu jenis Surat Berharga Syariah Negara Ritel (SBSN Ritel) berupa tabungan investasi yang dijual kepada perseorangan WNI melalui mitra distribusi di pasar perdana domestik. Instrumen investasi ini juga dapat diperjual-belikan di pasar sekunder.

Disebutkan, setiap tahunnya penetrasi penjualan SBSN tumbuh signifikan. Sejak tahun 2008 hingga 13 Februari 2020, SBSN atau Sukuk Negara yang diterbitkan pemerintah telah mencapai Rp 1.253 triliun. “Khusus untuk SR012 target kami Rp 8 triliun dan hingga kemarin sudah mencapai Rp 7 triliun,” imbuhnya kemudian.

Lanjut dia menerangkan, SR012 memiliki tenor tiga tahun dan menawarkan tingkat imbalan tetap sebesar 6,30 persen per tahun. Lebih dari itu, pemesanan pembelian SR012 juga bisa dilakukan secara online untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi SBSN ritel. Tercatat ada 28 yang tergabung sebagai agen penjual. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top