Ekbis

Pahitnya Harga Gula Pasir, Rp 17 Ribu per Kg

Aktivitas pedagang di salah satu pasar tradisional (foto; kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Ramadan akan dijelang satu bulan mendatang tapi harga sejumlah kebutuhan bahan pokok sudah mengamuk. Pantauan Kotaku co.id di sejumlah pasar tradisional, gula pasir mencatatkan kenaikan harga yang cukup mencolok.

Dari semula Rp 13 ribu per Kg saat ini menyentuh Rp 17 ribu per Kg. “Tidak tahu kenapa harga gula menjadi naik, tolong disampaikan kepada petugas yang bersangkutan,” tegas pedagang di Pasar Baru yang enggan menyebut nama, dijumpai Rabu (11/3/2020).

Dikatakannya, komoditas yang konsumsi sehari-hari tersebut sudah beberapa pekan mengalami kenaikan harga yang luar biasa sehingga membuat masyarakat resah. Sebelum kenaikan harga gula pasir terjadi, bawang merah dan bawang putih menjadi sorotan menyusul harga yang naik tajam. Akan tetapi saat ini harga mulai turun perlahan. Sekalipun harga cenderung masih tinggi. “Bawang merah turun menjadi Rp 38 ribu yang sebelumnya Rp 50 ribu per Kg. Sedangkan bawang putih yang awal Rp 60 ribu menjadi Rp 45 ribu per Kg,” terang pedagang Pasar Rapak Syairah.

Bukan hanya gula pasir, kacang- kacangan juga ikut serta dalam kenaikan harga. Meliputi kacang tanah dan kacang hijau. Selain itu, ketan putih mengalami lonjakan harga.

Harga kacang tanah kini menyentuh Rp 28 ribu dari Rp 24 ribu per Kg. Kacang hijau yang awalnya Rp 18 ribu menjadi Rp 24 ribu per Kg. Lain lagi dengan harga ketan putih dari Rp 24 ribu kini Rp 30 ribu per Kg. “Harga ini sudah naik sekitar tiga mingguan, khusus ketan putih memang didatangkan dari Vietnam,” ujar pedagang Pasar Rapak Sukma. (*)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top