Sport

Lumbung Atlet Taekwondo, Pengcab Balikpapan Gelar Kejuaraan Terbuka

Para atlet saat berlaga di kejuaraan Balikpapan Open 2020 (foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Taekwondo menjadi salah satu olahraga andalan di Kota Balikpapan. Olahraga ini banyak digemari oleh masyarakat Balikpapan mulai dari usia dini sampai dengan dewasa. Sebagai bukti, Taekwondo menggelar Kejuaraan Balikpapan Open 2020 dalam rangka HUT ke 123 Kota Balikpapan, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC/DOME), Sabtu (14/3/2020).

“Kegiatan ini bagian dari pembinaan atlet. Bukan hanya senior dan junior tapi sampai anak usia dini,” terang Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Balikpapan Andi Arif Agung dijumpai di sela kegiatan.

Kejuaraan Taekwondo Balikpapan Open 2020 diikuti 12 tim yang berasal dari Balikpapan, Samboja dan Kukar. Dengan durasi pertandingan selama 50 detik. Pra kadet dan kadet menjadi sasaran utama dalam kejuaraan ini.

Disebutkan, dalam satu tahun, Taekwondo Balikpapan menggelar dua turnamen. Awal tahun Taekwondo Balikpapan menggelar Balikpapan Open dengan tujuan untuk pembinaan atlet pra kadet dan kadet guna mengikuti pertandingan sehingga mempunyai pengalaman bertanding dan mengasah kemampuan yang di miliki. Kemudian diakhir tahun, digelar kejuaraan kota yang diperuntukkan bagi prestasi berjenjang karena nantinya berkelanjutan menuju kejuaraan propinsi dan kejuaraan nasional.

Dengan adanya even seperti ini, diharapkan dapat menambah generasi atlet Taekwondo di Balikpapan. Apalagi, lanjut dia, Balikpapan dikenal sebagai lumbung atlet Taekwondo bagi Kaltim. “Dalam kejuaraan nasional, atlet Taekwondo Kaltim lebih banyak berasal dari Kota Balikpapan,” tegasnya.

Dalam sambutan Asisten I Bidang Pemerintahan Syaiful Bahri mengatakan melalui Balikpapan Open 2020 maka tercipta pola pembinaan olahraga taekwodo yang berkesinambungan dengan keterlibatan seluruh komponen pendukung. “Sehingga melahirkan atlet yang handal yang mampu meraih prestasi di tingkat daerah, nasional maupun internasiona,” ucapnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top