Metro

Orang Dalam Pantauan Meningkat, DKK Balikpapan Ingatkan Disiplin Berada di Rumah

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Setiap harinya jumlah orang dalam pantauan (ODP) yang melakukan isolasi di rumah, terus meningkat. Hingga Selasa (24/3/2020) mencapai 676 PDP. Sebelumnya bahkan menyentuh 733 kasus namun 57 di antaranya telah menyelesaikan masa observasi dan dinyatakan sehat. “Dari hari ke hari meningkat signifikan. Jika tertib dan disiplin melakukan isolasi diri maka jumlah kasus ODP akan berkurang,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, Selasa sore.

Ia pun mengimbau ODP tetap di rumah guna memutus mata rantai penularan. “Kami usahakan, Puskesmas terus berkomunikasi dengan ODP baik kunjungan ke rumah maupun melalui telepon,” sahutnya. Jika mengalami keluhan seperti demam, batuk dan sesak nafas diminta untuk segera ke rumah sakit.

Namun ia memastikan kondisi kesehatan OPD dalam keadaan baik. Pun begitu pasien yang positif terjangkit Covid-19, ia menyatakan dalam kondisi kesehatan yang baik. Ya, sebelumnya total ada 24 pasien dalam pengawasan (PDP), dua di antaranya dari luar Balikpapan. Dari keseluruhan, enam di antaranya dinyatakan positif sedangkan sisanya yakni sebanyak 18 PDP berdasarkan hasil laboratorium Pusat Penilitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Kementerian Kesehatan RI dinyatakan negatif. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top