Metro

Pemkot Balikpapan Akan Bentuk Siaga Corona Ditiap Kelurahan

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi (tengah) didampingi Wawali H Rahmad Mas’ud (kiri) saat memberi keterangan pers, Jumat sore (27/3/2020) (foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebagai upaya memerangi penularan virus Corona (Covid-19) , Pemerintah Kota Balikpapan akan meningkatkan kewaspadaan dengan membentuk Siaga Covid-19 ditiap kelurahan.

“Yang sudah terbentuk akan melakukan aksinya pada hari Senin,” kata Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi didampingi Wakil Wali Kota H Rahmad Mas’ud saat press conference di halaman balaikota, Jum’at (27/3/2020).

Ya, berbagai upaya dilakukan Pemkot Balikpapan dalam melawan penyebaran virus Corona. Salah satunya aksi sterilisasi wilayah dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Jumat pagi penyemprotan disinfektan menyasar rumah ibadah dan sekolah. Aksi tersebut dimotori Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan PKK Kota yang didukung oleh BNPB.

Bersamaan dengan itu, ada juga beberapa masyarakat yang mengusulkan Lockdown. Langkah itu konon dianggap tepat untuk menyetop penyebaran Covid-19. “Dalam kesempatan ini kami ingin tegaskan bahwa itu wewenang pemerintahan pusat atau wewenang Presiden RI,” terangnya.

Namun ia memastikan, saat ini, pemeriksaan setiap orang yang masuk ke Balikpapan sudah diperketat. Baik melalui pelabuhan dan bandara. DKK juga melakukan pembagian kartu kewaspadaan dan mengecek riwayat penerbangan setiap yang datang.

“Yang jelas masyarakat harus semakin insentif melakukan pembatasan fisik, jarak satu sampai dua meter harus betul-betul dilakukan, rajin mencuci tangan dan tetap menjalankan anjuran – anjuran yang sudah diberikan oleh pemerintah. Ini penting betul karena di Kota Balikpapan sudah ada enam pasien positif, jadi harus tetap waspada.

Sementara itu, guna membantu tim medis berjuang menangani pasien positif virus Corona (Covid-19), termasuk pasien dalam pengawasan (PDP), Pemkot Balikpapan kembali menerima bantuan alat pelindung diri (APD).

“Terimakasih kepada PT Trakindo tadi pagi menyerahkan APD sebanyak 625, tentu sangat berarti setelah kemarin sudah menerima 2 ribu APD (untuk Kaltim. 600 di antaranya untuk Balikpapan, Red) yang dibawakan TNI. Sebagian akan dibagikan ke rumah sakit dan puskesmas,” jelasnya.

Ia juga berterimakasih atas terbentuknya kelompok pengusaha di Balikpapan yang akan menggalang kekuatan untuk membantu mengumpulkan dana dan peralatan. “Ini semua baik karena memerlukan dukungan masyarakat agar virus Corona terutama di Balikpapan cepat selesai,” pungkas Rizal. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top