Parlementaria

Kerahkan Relawan, Alwi Al Qadri Semprot Disinfektan 18 RT Baru Tengah

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri saat melakukan penyemprotan di arena mainan anak, pemukiman atas air Gang Batu Arang, Kelurahan Baru Tengah, Minggu pagi tadi (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Melibatkan sekira 30 relawan yayasan Rahmad Mas’ud Center (RMC), Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Alwi Al Qadri menggelar penyemprotan cairan disinfektan di pemukiman atas air, Kelurahan Baru Tengah, Minggu (29/3/2020) pagi tadi. “Kami akan melakukan penyemprotan di 18 RT. Ini merupakan tahap awal karena kegiatan ini akan berlanjut hingga lima hari ke depan di wilayah lainnya,” jelasnya di sela kegiatan, pagi tadi.

Ia menerangkan, aksinya merupakan wujud gotong royong melawan penyebaran virus Corona. Salah satunya menyemprotkan cairan disinfektan. “Saya juga bagian dari relawan RMC, pembina kami yang juga Wakil Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud yang juga getol menggalakkan aksi gotong royong melawan virus Corona,” paparnya kemudian.

Adapun upaya pencegahan menyasar tempat umum di lingkungan padat penduduk, rumah-rumah warga dan area yang dianggap penting dan dilalui banyak masyarakat. Tak hanya menyemprotkan disinpektan, aksinya juga disertai dengan pembagian masker. Tak tanggung-tanggung, total ada 800 masker yang dibagikan kepada warga. Ia berharap, langkah yang ditempuh dapat melindungi warga dari ancaman penularan Covid-19. Ya di Balikpapan, ada 12 pasien positif Covid-19. Jumlah itu menjadi yang tertinggi di Kaltim. Satu pasien merupakan positif virus Corona pertama di Balikpapan cluster penularannya dari kegiatan yang diikuti di Bogor. Belakangan menularkan empat anggota keluarganya yang juga dinyatakan positif. Selanjutnya, tiga pasien positif juga cluster Bogor. Kemudian dua pasien positif lainnya masing-masing memiliki riwayat perjalanan kerja ke Jakarta dan ke Jepang. Terakhir, satu pasien yang terinfeksi usai mengikuti kegiatan pertemuan di Kabupaten Gowa, Sulsel meski kegiatan tersebut dibatalkan. Adapun pasien cluster Sulsel merupakan warga Banjarmasin yang transit di Balikpapan namun kemudian dirawat karena sakit dan dinyatakan terinfeksi.

Alwi Al Qadri (lima, kiri) beserta relawan bersiap melakukan sterilisasi perkampungan atas air dengan menyemprotkan cairan disinpektan (foto:kotaku.co.id/chandra)

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Baru Tengah Eddy Moelyono menerangkan, penyemprotan di lingkungan rumah warga kampung atas air di wilayah kerjanya merupakan ysng pertama. “Sebelumnya Wawali Rahmad Mas’ud beserta BPBD Kota Balikpapan juga melakukan kegiatan yang sama. Sasaran rumah ibadah, pasar tradisional dan lainnya,” rincinya.

Disebutkan, permukiman atas air di Kelurahan Baru Tengah total ada 27 RT. Ia berharap penyemprotan disinfektan menjangkau semua lingkungan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top