Metro

Mulai 30 Maret 2020, Pemkot Balikpapan Batasi Gerak Warga di Luar Rumah

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di balaikota, Minggu (29/3/2020) sore (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Demi melindungi masyarakat dari ancaman penularan virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kota Balikpapan akan membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Maksimal pukul 22.00 Wita berlaku mulai Senin (30/3/2020), besok. Satpol PP ditugasi untuk melakukan pengawasan bersama TNI dan Polri. “Kalau masyarakat masih melakukan kegiatan di luar rumah akan ditindak tegas. Petugas akan membubarkan,” terang Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di balaikota, Minggu (29/3/2020). Selain itu, akan diterapkan pula pembatasan waktu berjualan. “Kami minta kepada masyarakat betul-betul mematuhi dan mohon bisa menerima keputusan ini. Belajar di rumah, bekerja di rumah dan beribadah di rumah,” harapnya.

Tak cuma itu, lalu lintas orang yang keluar masuk ke Balikpapan juga ikut dibatasi. Terkait itu, Rizal mengaku akan segera berkoordinasi dengan pengelola Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan pengelola pelabuhan termasuk pengelola terminal bus.

Bersamaan dengan diterapkannya kebijakan tersebut, Pemkot Balikpapan memastikan ketersediaan pasokan bahan makanan cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Bahkan hingga momentum Ramadan mendatang. “Distributor termasuk Bulog (Divre Kaltimra) menjamin pasokan cukup. Awal April pasokan gula juga sudah datang sehingga persediaan cukup baik, bahkan beras dari Bulog terjamin ketersediaan hingga enam bulan ke depan,” papar Rizal.

Ia juga meyakinkan, meksipun sejumlah daerah melakukan pembatasan lalu lintas manusia, pengiriman bahan makanan tidak akan terganggu. “Yang menyangkut (distribusi) kebutuhan bahan pokok tetap akan lancar karena tidak terkena pembatasan berkaitan dengan (antisipasi penyebaran) virus Corona,” tukasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top