Metro

Pasien Covid-19 di Balikpapan Bertambah Tiga, Salah Seorang Berstatus Penularan Lokal

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di balaikota Selasa sore (foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pasien terinfeksi virus Corona (Covid-19) di Balikpapan, hari ini Selasa (31/3/2020) bertambah tiga kasus. “Berdasarkan pemberitahuan BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Red) Surabaya. Dari 30 spesimen yang kami kirimkan beberapa waktu lalu, 27 dinyatakan negatif dan tiga positif,” terang Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan saat memberi keterangan pers di balaikota, sore tadi.

Itu artinya, maka total warga Balikpapan yang terkonfirmasi positif virus Corona sebanyak 12 orang. Satu di antaranya meninggal dunia.

Secara akurasi ia menyebut, tiga kasus baru pasien Covid-19 tersebut memiliki riwayat berbeda. Satu di antaranya memiliki riwayat perjalanan tugas ke Jawa Barat sedangkan seorang pasien lainnya mendapat kunjungan dari orang tua yang menempuh perjalanan dari Lampung-Jakarta-Balikpapan.

Yang mencengangkan, satu pasien lainnya atau pasien ke-15, tidak memiliki riwayat perjalanan keluar kota namun terkonfirmasi positif. Bahkan belum diketahui kontak interaksinya. “Sedang kami telusuri. Bisa jadi ini menjadi pasien kedua yang berstatus transmisi lokal,” ungkapnya. Ya, sebelumnya di Balikpapan ada kasus penularan lokal alias transmisi lokal. Yakni salah seorang pasien positif cluster Bogor yang menulari sejumlah anggota keluarganya.

Hingga Selasa sore, total pasien dalam pengawasan (PDP) yang diobservasi di rumah sakit sebanyak 32 orang. Sedangkan dalam status orang dalam pantauan (ODP) mencapai 1.122. “Kami masih menunggu konfirmasi hasil spesimen. Ada delapan spesimen dan empat dalam pengiriman,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top