Metro

Darurat Corona, Sensus Penduduk Versi Daring Diperpanjang hingga 29 Mei 2020

Achmad Zaini

KOTAKU, BALIKPAPAN-Darurat Corona melatarbelakangi Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang periode Sensus Penduduk secara online hingga 29 Mei 2020. Kepala BPS Kota Balikpapan Achmad Zaini menjelaskan perpanjangan waktu tidak terlepas dari pembatasan kegiatan di luar rumah sebagai antisipasi penyebaran virus Corona. “Dengan perpanjangan waktu justru memberi kesempatan kepada masyarakat untuk ikut dalam Sensus Penduduk online karena belakangan ini partisipasinya semakin meningkat secara signifikan,” jelasnya saat dihubungi, Rabu (1/4/2020).

Disebutkan, hingga 31 Maret 2020 ada 34.454 kepala keluarga (KK) dengan jumlah penduduk 124.464 jiwa yang mengikuti Sensus Penduduk online di Kota Balikpapan.

Lanjut dia menerangkan, perpanjangan waktu semakin meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk online sekaligus menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya data dimulai dari informasi pribadi. Apalagi literasi masyarakat terhadap teknologi informasi juga semakin meningkat. “Karena Sensus Penduduk itu wajib untuk masyarakat,” tegasnya.

Untuk memacu partisipasi periode perpanjangan waktu edisi daring, BPS akan kembali melakukan sosialisasi secara digital dan masif ke seluruh lapisan masyarakat. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top