Metro

Wali Kota Balikpapan: Alhamdulillah Tiga Pasien Positif Covid-19 Sudah Dinyatakan Negatif

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi (tiga, kiri) saat menggelar jumpa media di aula rumah jabatan, Jum’at sore (foto:kotaku.co.id./niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Perkembangan terkini 15 pasien yang positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 di Kota Balikpapan, tiga di antaranya sudah dinyatakan negatif setelah dirawat intensif masing-masing sejak 14 Maret 2020, 16 Maret 2020 dan 18 Maret 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). dr Kanujoso Djatiwibowo. Dua orang berjenis kelamin laki-laki dan satu orang perempuan.

“Alhamdulillah hasil uji BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan ,Red) Surabaya ada tiga pasien positif yang dinyatakan sudah negatif. Dua pasien cluster Bogor dan satu (memiliki riawat ke) Jakarta Selatan,” kata Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di aula rumah jabatan, Jum’at (3/4/2020).

Selanjutnya, sambung Rizal, ketiga pasien dapat meninggalkan ruang isolasi dan melanjutkan masa observasi di rumah selama satu minggu di bawah pantauan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan.

“Terimakasih kepada RSKD beserta dokter dan para medis yang menangani mereka. Berkat keseriusan dan kesungguhan tim dokter maka pasien sudah pada posisi negatif. Kami menghargai perjuangan tenaga medis,” ucapnya kemudian.

Tak cuma ketiga pasien tersebut, pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia Selasa (31/3/2020) malam lalu juga dinyatakan negatif berdasarkan hasil uji BBLK. “Kami mendapat informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim bahwa berdasarkan hasil uji BBLK Surabaya, pasien yang meninggal dunia sebelum hasil lab keluar, juga dinyatakan negatif,” terang Rizal.

Sementara itu, hingga Jum’at sore, jumlah PDP kembali bertambah. Menjadi 36 PDP dari 34 PDP hari sebelumnya. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) yang melakukan observasi di rumah sebanyak 1.261 orang. Kemudian spesimen yang ditunggu sebanyak 34 dan ada tiga dalam proses pengiriman. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top