Metro

Bantuan Tahap Ketiga Mengalir, Balikpapan Terima 500 APD

Penerimaan bantuan APD secara simbolis di Lanud Dhomber Balikpapan, sore tadi (foto; kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kementerian Kesehatan RI kembali menggelontorkan bantuan alat kesehatan bagi Provinsi Kaltim. Terdiri 6 ribu alat pelindung diri (APD) dan 4 ribu masker. Bantuan tersebut merupakan tahap ketiga, diangkut menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara. Tiba di Lapangan Udara (Lanud) Dhomber Balikpapan, Jumat (10/4/2020) sore. Dan diserahkan langsung oleh Dandim 0905 Balikpapan Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

“Semoga bantuan ini bisa mendukung tenaga medis sehingga bisa bekerja semakin baik dan memberikan pelayanan yang juga semakin lebih baik. Yang terpenting wabah Covid-19 segera teratasi,” serunya.

Hadir menerima secara simbolis Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan dr Edy Iskandar. “Bantuan ini cukup untuk menambah persediaan karena jumlah APD yang kami terima dari bantuan sebelumnya, yakni tahap kedua, sudah menipis. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, APD di rumah sakit kembali terisi sehingga petugas medis yang menangani pasien Covid-19 tetap nyaman dan aman,” terangnya. Disebutkan, APD yang saat ini tersedia mampu bertahan kurang lebih 10 hari. Itu jika rumah sakit tidak banyak melayani pasien Covid-19. “Apabila (jumlah) APD mulai menipis tim Gugus Tugas Covid-19 akan meminta kembali untuk tahap berikutnya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Kesehatan RI. Termasuk kepada TNI yang memiliki peran tidak kalah penting dalam penanganan Covid-19. Utamanya kecepatan dalam mendistribusikan bantuan alat kesehatan.

“Dari bantuan tahap ketiga ini, Balikpapan akan mendapat 500 APD,” ucapnya. Dari jumlah itu, tutur Rizal merinci, 300 pieces APD dialokasikan untuk Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan. Sisanya dialokasikan untuk RS dr R Hardjanto dan RSUD Beriman Balikpapan. Masing-masing 100 APD. Khusus untuk RSKD, akan menerima sebanyak 1.000 APD lengkap dengan masker sebanyak 4 ribu pieces. (*)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top