Metro

Pasien Covid-19 Bertambah Satu Orang, Kasus ke-18 di Balikpapan

A Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Jumat (10/4/2020), pasien terinfeksi positif virus Corona atau Covid-19 di Balikpapan bertambah satu orang. “Berdasarkan rilis Kementerian Kesehatan RI dan konfirmasi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim bahwa terdapat peningkatan tiga kasus terkonfirmasi positif pada hari ini di Kaltim. Pasien ini satu di Balikpapan, satu di Samarinda, satu lagi di Berau,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan A Sri Juliarty ditemui usai menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) di Lapangan Udara (Lanud) Dhomber, sore tadi.

Dia menjelaskan, pasien positif tersebut berdasarkan hasil tracing dan telah dirawat di rumah sakit di kota Balikpapan. Pasien merupakan transmisi lokal dari Tasikmalaya.

“Hari ini adalah penguatan dari perawatan PDP (pasien dalam pengawasan, Red) yang kami lakukan dan penguatan dengan terkonfirmasi positif swab PCR dari laboratorium BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Red) Surabaya,” lanjutnya.

PCR adalah pemeriksaan spesimen dahak hasil swab dari tenggorokan dan mulut untuk mengetahui DNA virus di dalam tubuh.

Adanya pasien yang terinfeksi positif tersebut menambah daftar panjang jumlah kasus virus Corona di Balikpapan menjadi total 18. Tiga di antaranya dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dan satu orang di antaranya meninggal dunia. Dengan begitu maka total pasien positif Covid-19 yang dirawat sebanyak 14 orang. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top