Metro

Tetap Waspada, Pasien Covid-19 di Balikpapan Bertambah Dua Orang

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Kamis (16/4/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pasien terjangkit virus Corona atau Covid-19 di Kota Balikpapan bertambah dua orang. “Pada hari ini baru saja mererima laporan dari BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Red) Surabaya dan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, di Balikpapan dua orang terkonfirmasi positif,” terang Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Kamis (16/4/2020).

Secara akurasi Rizal menyebut, pasien yang baru saja terkonfirmasi positif berjenis kelamin perempuan berusia 47 tahun dengan riwayat dari Tasikmalaya. Terkontaminasi dari keluarga. Sedangkan seorang lainnya berjenis kelamin laki-laki berusia 74 tahun. Punya riwayat ke Singapura dalam rangka berobat. “Semua ada riwayat perjalanan dan satu riwayat kontak erat dalam keluarga karena itu kami mohon masyarakat tetap untuk waspada menjaga jarak dan tidak melakukan perjalanan ke luar daerah terutama daerah terjangkit,” sambungnya seraya mengingatkan.

Kedua pasien tersebut menambah daftar panjang positif Covid-19 di Kota Balikpapan menjadi total 20 kasus. Dari jumlah itu, empat dinyatakan sembuh dan satu pasien meninggal dunia. Itu artinya, total pasien Corona yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 15 orang.

Sementara itu, Pasien dalam pengawasan (PDP) turut mengalami peningkatan. Yakni sebanyak enam orang. Dari sebelumnya 36 menjadi 42 PDP. Rinciannya, 23 PDP dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD), lima PDP di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), enpat PDP di RSUD Beriman Balikpapan, tiga PDP di Rumah Sakit Hermina dan tujuh PDP di Rumah Sakit dr R Hardjanto.

Adapun orang dalam pemantauan (ODP) berkurang 36. Dari sebelumnya 580 menjadi 544 ODP. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top