Ekbis

Padat Karya, Pemkot Balikpapan Ingatkan Pertamina Soal Pencegahan Corona Proyek Perluasan Kilang

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebagai proyek padat karya, maka penting bagi Pemerintah Kota Balikpapan mengingatkan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) V agar menerapkan langkah antisipatif dan pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19 di lingkungan kerja perluasan kilang minyak melalui Refinery Development Masterplant Program (RDMP) yang hingga kini terus dikebut. “Berdasarkan laporan dari pertemuan hari ini,(disebutkan) sudah diterapkan sesuai protokol Covid-19 (bagi pekerja). Yakni mengukur suhu tubuh, jika masuk (kerja) memakai masker dan mengatur jarak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty ditemui di Balai Kota, Jum’at (17/4/2020).

Peningkatan kewaspadaan juga perlu dilakukan menyusul rencana Pertamina melakukan pemeliharaan kilang minyak yang konon semakin menyerap banyak pekerja. “Sebelum dimulai kami memohon ada kewaspadaan. Jika urgent sekali untuk mendatangkan tenaga ahli (dari luar daerah) maka akan dikawal khusus (baik tempat tinggal dan maupun dalam bekerja),” lanjutnya.

Bukan hanya Pertamina, langkah pencegahan juga wajib dilakukan perusahaan lainnya yang juga padat karya. Apalagi menerapkan jadwal kerja On/Off dikarenakan lokasi kerjanya yang cukup jauh dan menuntut perhatian yang intensif. Umumnya berlaku bagi pekerja di bidang perminyakan atau pertambangan. Pola kerja tersebut memungkinkan pekerja pulang pergi ke daerah asal. Maka diimbau mengeluarkan larangan pulang ke daerah asal.

“Khusus Pertamina, sudah menerbitkan larangan pekerja pulang ke luar daerah sejak 1 Maret 2020,” serunya kemudian.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top