Metro

Update Covid-19 di Balikpapan, Pasien Positif Bertambah Satu dari Transmisi Lokal

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Balikpapan dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19 berdasarkan hasil uji Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya. Pasien dirawat insentif di rumah sakit sejak 6 April 2020. “Dirawat sudah lama tapi hasil (uji) baru keluar sekarang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty ditemui usai menerima bantuan alat kesehatan di Lapangan Udara (Lanud) Dhomber Balikpapan, Sabtu (18/4/2020) petang tadi.

Yang mengejutkan, pasien tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Itu artinya, pasien terpapar melalui transmisi lokal alias penularan lokal. “(jejaknya) Sedang ditelurusi. Pasien harus mengingat-ingat pernah kontak dengan siapa saja,” imbuhnya kemudian. Perlu diketahui, kasus penularan lokal bukan kali pertama di Balikpapan. Sebab sebelumnya ada beberapa pasien yang juga tertular melalui transmisi lokal. Itu sebabnya sejak akhir Maret 2020 Balikpapan ditetapkan sebagai zona merah Covid-19.

Praktis pasien tersebut menambah panjang daftar Covid-19 di Balikpapan menjadi total 21 kasus. Dari jumlah itu, empat dinyatakan sembuh dan satu pasien meninggal dunia. Itu artinya, total pasien Corona yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 16 orang. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top