Metro

Update Covid-19 di Balikpapan: Dua Sembuh, Positif Bertambah Satu, PDP Meninggal Dunia Belum Kantongi Hasil Swab

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Jumat pagi tadi (foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Perkembangan terkini Covid-19 di Kota Balikpapan, Jumat (24/4/2020). “Saat ini ada dua pasien yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab yang diuji BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Red) Surabaya,” kata Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Jumat (24/4/2020).

Namun disaat yang sama, kasus terpapar positif bertambah satu. Pasien positif ini berusia 43 tahun berjenis kelamin perempuan. Tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar dan sementara dinyatakan transmisi lokal. Dengan begitu, total transmisi lokal mencapai delapan kasus. Perlu diketahui, total terinfeksi Covid-19 di Balikpapan mencapai 25 kasus. Dari jumlah itu, enam dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia. Sehingga yang masih dirawat sebanyak 18 pasien.

Perkembangan lain, disebutkan ada satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia Kamis (23/4/2020) malam tadi dalam keadaan belum mengetahui hasil pemeriksaan.
Meski begitu, pemakaman dilakukan sesuai protokol Covid-19.

Terkait itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menjelaskan bahwa pasien PDP meninggal dunia berusia 75 tahun berjenis kelamin perempuan. Tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota tapi memiliki gejala yang sama dengan indikasi kasus covid 19 sehingga dirawat status PDP. Pasien juga diketahui mengidap penyakit kronis. “Ini memang lebih berat,” ujarnya.

Disebutkan, saat ini, ada 21 PDP yang masih menunggu hasil swab sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya mendekati 500. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top