Metro

Bantuan Mengalir Deras, Persediaan APD Aman

Penerimaan bantuan APD di Base Ops Lanud Dhomber Balikpapan, Selasa sore tadi (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Bantuan alat pelindung diri (APD) dari Kementerian Kesehatan RI untuk Kaltim, mengalir deras. Terbaru, Selasa (28/4/2020), 5 ribu APD yang diangkut pesawat Hercules A-1330 TNI AU, tiba di Base Ops Landasan Udara (Lanud) Dhomber Balikpapan.

“Semoga dengan datangnya bantuan atau dengan perhatian yang diberikan ini bisa dimanfaatkan lebih maksimal sehingga penanganan wabah Covid-19 di Kaltim khususnya yang ada di Kota Balikpapan bisa lebih optimal dan bisa bekerja lebih maksimal. Baik tenaga medis maupun yang bekerja di lapangan,” jelas Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa saat menyerahkan bantuan secara simbolis.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) dr Edy Iskandar menyampaikan APD akan didistribusikan oleh Gugus Tugas Provinsi untuk semua daerah di Kaltim. Khususnya daerah yang tengah menangani pasien positif. “Jadi untuk APD di masing-masing rumah sakit semestinya sudah mencukupi karena hampir setiap minggu bantuan dikirim sehingga tidak ada rumah sakit yang kekurangan APD,” terangnya.

Di Balikpapan, APD akan didistribusikan ke RSKD dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan masing-masing sebanyak 300 APD, Rumah Sakit dr Hardjanto dan RSUD Beriman Balikpapan masing-masing sebanyak 100 buah. Sisanya, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim sebanyak 4.200 buah. “Jika terjadi lonjakan pasien bisa mengajukan ke Dinas Kesehatan atau Gugus Tugas karena masih ada deposit APD di gudang pemerintah pusat,” tukasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top