Metro

Positif Covid-19 di Balikpapan Bertambah Satu, Total 36 Kasus

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Rabu siang tadi (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pasien terinfeksi virus Corona atau Covid-19 di Kota Balikpapan kembali bertambah. Rabu (6/5/2020), ada satu pasien yang dinyatakan positif sehingga total menjadi 36 kasus.

“Hasil swab ada dua positif yaitu positif dari pasien lama yang hasilnya masih positif dan satu positif dari pasien baru,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan di Balai Kota, Rabu sore tadi.

Dijelaskan, awalnya, pasien yang baru saja terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab yang diuji Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, mengikuti Rapid Test yang hasilnya dinyatakan positif. Berjenis kelamin laki-laki, berusia 29 tahun dan berkarir sebagai anak buah kapal (ABK).

Sementara itu, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 45 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 327 orang. Untuk spesimen yang masih menunggu hasil dari BBLK Surabaya dan Jakarta sebanyak 24. Namun ada juga spesimen yang baru dikirim ke Jakarta berjumlah 18.

Di hari yang sama, ia menyampaikan, saat ini, Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah tersedia di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan, bantuan dari Kementerian BUMN. Fasilitas itu akan memudahkan untuk mendeteksi virus Corona di Kota Balikpapan. “Saat ini masih menunggu kedatangan tenaga ahli. Diharapkan, minggu depan sudah beroperasi,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top