Metro

Berturut-turut Covid-19 di Balikpapan Bertambah dari Cluster Magetan dan ABK, Total 43 Kasus

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi (kiri) saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Minggu (10/5/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan kembali bertambah. Kali ini, Minggu (10/5/2020) sebanyak empat orang. “Hari ini kami mendapatkan laporan dari BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Red) Surabaya ada empat PDP (pasien dalam pengawasan, Red) yang terkonfirmasi positif,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota. Dengan begitu maka total Covid-19 di Balikpapan sebanyak 43 kasus.

Ia menyebutkan, pasien yang terkonfirmasi positif dua di antaranya merupakan cluster temboro Magetan yang berjenis kelamin laki-laki berusia 17 tahun. Kemudian pasien ke-42 berjenis kelamin perempuan berusia 62 tahun yang mempunyai kontak erat dengan pasien positif yang meninggal dunia. Sedangkan pasien ke-43, seorang laki-laki berusia 41 tahun bekerja sebagai anak buah kapal (ABK).

Dari total 43 kasus, 17 di antaranya berhasil sembuh sedangkan masih dalam perawatan insentif sebanyak 24 orang. Sisanya, yakni dua kasus dilaporkan meninggal dunia.

Adanya penambahan kasus terbaru, maka total PDP yang masih dirawat dan menunggu hasil pemeriksaan sebanyak 19 orang dan orang dalam pantauan (ODP) yang menjalani karantina di rumah berjumlah 287 orang. Selain itu, ada 39 spesimen yang masih menunggu hasil dari BBLK Surabaya.

Dalam kesempatan yang sama ia menyampaikan, hasil rapid test PDP yang meninggal dunia dan berprofesi sebagai pedagang dinyatakan negatif. ” imohon kepada masyarakat tetap menjaga disiplin yang tinggi dan jangan mengendorkan disiplin, tetap melakukan physical distancing, menggunakan masker, tetap di rumah jika tidak ada hal yang mendesak, mencuci tangan dan mencukupi asupan gizi yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top